Home » Uncategorized » Waspadai Bahaya Dari Permainan Opsi Binari dan Tips Memulai Berinvestasi untuk Pemula

Waspadai Bahaya Dari Permainan Opsi Binari dan Tips Memulai Berinvestasi untuk Pemula

Hai sobat, akhir – akhir ini kita diramaikan tentang sebuah instrumen online yang dianggap sebagai perjudian secara daring berkedok investasi dan trading, bernama opsi binari. Instrumen online ini dianggap merugikan banyak masyrakat Indonesia dan dianggap berbahaya. Lalu apa yang menyebabkan opsi binari berbahaya ?

Alasan Apa yang Menyebabkan Opsi Binari Berbahaya Serta Tips Memulai Investasi

Opsi binari, merupakan produk keuangan dimana pihak yang terlibat diberikan opsi atau pilihan. Pilihan yang diberikan adalah “ya” atau “tidak” dan pihak yang terlibat harus menebak apakah harga aset akan naik atau turun dalam periode tertentu. Seorang pengguna diminta untuk menebak saham dari sebuah perusahaan, dalam waktu tertentu. Berikut adalah alasan apa yang menyebabkan opsi binary berbahaya.

  1. Alasan Apa yang Menyebabkan Opsi Binari Berbahaya
  • Penolakan untuk Mengembalikan Dana Kepada Pelanggan

Hal ini dilakukan dengan cara membatalkan penarikan, mengabaikan telpon dan kiriman email dari pelanggan, bahkan hingga dapat membekukan akun pelanggan.

  • Pencurian Identitas

Opsi binari yang berbasi internet bisa saja mencuri informasi pelanggan seperti KTP, kartu kredit, SIM atau paspor milik pelanggan.

Hal ini juga menjadi alasan apa yang menyebabkan opsi binari berbahaya. Pencurian identitas tentu sangat berbahaya karena informasi pelanggan bisa saja disalah gunakan.

  • Manipulasi Perangkat Lunak yang Merugikan Pelanggan

Konfigurasi ulang algoritma bisa mereka lakukan dengan mendistorsi harga dan pembayaran. Contoh : apabila pelanggan menang, perhitungan mundur hingga kadaluwarsa dapat mereka perpanjang dan justru merugikan.

  • Opsi Binari Merupakan Kegiatan Illegal

Menurut BAPPEBTI  ( Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi ) opsi binari adalah illegal dan dilarang karena tidak sesuai dengan Undang – Undang nomor 10 tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK).

  1. Tips Memulai Investasi

Perlu diketahui bagi yang memang ingin memulai investasi, ada beberapa tips yang bisa kalian pikirkan agar tidak tertipu dan merugi.

  • Pastikan Instrumen Investasi Legal

Memastikan instrument investasi legal, itu sangat penting. Banyak kok instrumen investasi yang mendapatkan legalisasi dari pemerintah.

  • Tetapkan Tujuan Investasi

Menetapkan tujuan investasi dengan imbal balik yang diharapkan, serta jangka waktu investasi ( Panjang atau Pendek )

  • Pikirkan Baik – baik Akan Resiko

Berinvestasi tentu tidak akan selalu mendapatkan keuntungan, adakalanya kita merugi. Kenali diri dalam melihat resiko, renungkan seberapa besar resiko yang berani kalian ambil, karena berinvestasi tentu erat dengan resiko.

  • Pelajari Semua Hal Tentang Berinvestasi

Sebelum berinvestasi, kalian harus banyak belajar tentang investasi, pahami sistemnya dan bagaimana cara kerjanya. Bisa dari buku atau secara online, atau bisa juga kepada yang lebih mengerti dan paham tentang investasi.

Semoga penjelasan diatas bisa memberikan tambahan informasi untuk kawan sekalian akan apa yang menyebabkan opsi binari berbahaya dan tips berinvestasi untuk pemula. Ingat kawan, tidak ada yang instan didunia ini, termasuk berinvestasi. Jadi tetap berhati – hati ya !

 

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

BUMN Bersama BBTN Salurkan CRD di Bengkulu

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) telah melakukan aktifitas yang terkait tanggung jawab sosial ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.