Home » Uncategorized » Rupiah Melemah, Harga SUN Bergerak Terbatas

Rupiah Melemah, Harga SUN Bergerak Terbatas

Pada pekan ini pergerakan harga Surat Utang Negara (SUN) masih bergerak terbatas dan cenderung menurun pada perdagangan Selasa (24/10). Hal tersebut sejalan dengan pelemahan nilai tukar rupiah dan volume perdagangan yang minim menjelang lelang sukuk negara. Hari ini Rupiah terpantau dibuka melemah dihadapan Dollar AS. Minimnya sentimen dalam negeri membuat Rupiah bergerak terbatas.

Pada perdagangan kemarin, Harga SUN mengalami penurunan, diikuti dengan kenaikan imbal hasil. Penurunan harga SUN imbas pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditengah pelaku pasar yang terus melakukan aksi ambil untung.

Dollar AS terus mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang lainnya karena ditopang oleh meningkatnya ekspetasi kebijakan pemangkasan suku bunga acuan di Amerika. Selain itu, pada pekan sebelumnya, Senat AS sudah menyetujui anggaran untuk tahun 2018, hal tersebut membuat laju mata uang negeri Paman Sam unggul terhadap sejumlah mata uang unggulan lainnya.

Perubahan tingkat imbal hasil SUN pada perdagangan kemarin berkisar antara 1-11 bps. Imbal hasil SUN tenor 1 sampai 4 tahun terpantau naik sekitar 4-10 bps, sementara harganya turun 35 bps. Secara teknikal, harga SUN dengan tenor panjang terlihat bergerak pada tren sideways.

Adapun rekomendasi SUN seperti R0069, FR0053, FR0061, FR0070, FR0073, FR0065, FR0068, dan FR0072 untuk perdagangan pekan ini.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

OJK Dorong Produk Keuangan Alternatif Pembiayaan Infrastruktur

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memberikan dorongannya pada Industri Jasa Keuangan untuk mengeluarkan produk-produk jasa ...