Home » Saham » Investasi » Kontribusi Masyarakat Terhadap Jasa Keuangan Masih minim

Kontribusi Masyarakat Terhadap Jasa Keuangan Masih minim

Sektor layanan keuangan terlihat masih belum berjalan Sempurna. hal ini bisa terlihat dari minimnya akses masyarakat terhadap pelayanan jasa keuangan. Masih sedikit masyarakat yang berkontribusi terhadap sektor keuangan ini. oleh sebab itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan upaya untuk bisa terus menggenjot sektor keuangan tersebut.

Seperti dikutip dari Ketua Dewan Komisioner OJK, indeks inklusif keuangan di Dalam negeri masih berada di angka 36%. Jumlah ini masih terbilang masih cukup minim, OJK mentargetkan hingga akhir 2019 rasionya bisa mengalami pertumbuhan menjadi 75%. Dengan peningkatan inklusi keuangan ini diharapkan akan terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan berbagai kelompok masyarakat.

LAYANAN OJK UNTUK MASYARAKAT

OJK akan menjadikan pelayanan keuangan masyarakat menjadi program strategis yang akan di patenkan dalam masterplan jasa keuangan nasional selama kurun waktu 2015-2019. Hal ini agar bisa mendorong akses keuangan masyarakat dan mencangkup berbagai kalangan masyarakt.

OJK sudah mengeluarkan beberapa program untuk bisa meningkatkan sektor ini, seperti program Laku Pandai (Branchless Banking), Jaring (Pembiayaan Kelautan dan Perikanan) dan Simpenan Pelajar (Simpel). Ada juga program untuk menjangkau program mikro. Seperti menggalakan program Menabung saham dan edukasi keuangan untuk berbagai kalangan termasuk pelajar.

Diharapkan dengan program tersebut bisa meningkatkan minat masyarakat, 2017 nantinya akan ada program baru lagi yaitu Program AKSI, program ini merupakan program pembiayaan untuk sektor Pangan.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Tekanan Masih Menghantui Pasar SUN

Tekanan demi tekanan masih terus membayangi pasar investasi tanah air. Setelah pelemahan rupiah yang terjadi ...