Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan » Kondisi Pasar Global tidak Pasti, Bank Harap jaga CAR

Kondisi Pasar Global tidak Pasti, Bank Harap jaga CAR

Pasar global masih berpotensi mengalami ketidakpastian. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi pada tahun depan, Bank besar masih akan tetap menjaga Rasio Kecukupan Modal (CAR) pada level yang tertinggi. Langkah ini perlu di ambil oleh perbankan untuk bisa mengatasi ketidakpastian pasar global. Sebab bukan tidak mungkin, banyak yang akan terjadi pada tahun depan, sehingga mempengaruhi kinerja industri Perbankan.

Menurut kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, pada tahun depan kondisi ekonomi dalam negeri secara ril masih penuh ketidakpastian. Sehingga sangat di harapkan bagi Industri perbankan untuk tetap menjaga Rasio Permodalan yang tinggi, hal ini agar bisa memberikan kepercayaan terhadap pelaku pasar. berdasarkan data OJK, beberapa Bank besar sudah memiliki rasio permodalan yang cukup tinggi.

Sampai kuartal III ditahun 2016, Rasio permodalan industri Perbankan mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu sebesar 198bps menjadi 22.6% dihitung year to year. Kenaikan CAR ini masih di dominasi oleh Bank BUKU III dan IV yang masing-masing mencatatkan rasio CAR sebesar 25,23% dan 20,67%.

Setidaknya hingga memasuki tahun depan, beberapa bank harus bisa menjaga permodalan paling rendah sekitar 15% sampai 17%. Sebab Permodalan merupakan Pondasi utama bagi industri Perbankan Indonesia dibandingkan dengan negara lain.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Sekuritas Dengan Minimal Deposit Rendah

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak dibidang pialang atau perantara dalam perdagangan efek, baik itu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
26 × 1 =