Home » Sekuritas » Obligasi » Harga SUN Melemah Menjelang Lelang

Harga SUN Melemah Menjelang Lelang

Pada perdagangan hari ini, Harga Surat Utang Negara (SUN) diperkirakan akan bergerak terbatas menjelang lelang Penjualan SUN. mengacu pada data Bloomberg, harga SUN dengan tenor 10 tahun terlihat mengalami pelemahan tipis sekitar 0.06% ke leve 105,63 Sedangkan imbal hasil naik 0,12% ke level 7,537%.

Menjelang lelang biasanya harga SUN akan bergerak terbatas karena investor masih menunggu hasil dari pelaksanaan lelang, yang dimana arah pergerakan harga akan dipengaruhi oleh pelaksanaan lelang. Sementara itu, Pemerintah berencana untuk mengadakan lelang SUN dengan target penerbitan Rp 15 Triliun dari 5 Seri SUN yang akan ditawarkan kepada investor.

Pergerakan harga SUN juga bisa dipengaruhi oleh Pergerakan Imbal hasil suat utang global. Sebab pada perdagangan kemarin Harga SUN Global ditutup cenderung mengalami kenaikan.

Imbal hasil dari US Treasury dengan tenor 10 tahun ditutup naik pada level 2,441% ditengah pelaku pasar yang masih menunggu keputusan resmi dari Gubernur The Fed.

Sementara itu, Surat utang Jerman (Bund) dan Inggris (Gilt) dengan tenor yang sama , pada saat penutupan masing masing mengalami kenaikan di 0.332% dan 1.293 setelah BOE menyatakan estimasi pertumbuhan ekonomi dikawasan uni eropa yang diprediksi bisa bertumbuh sebesar 1.6% di tahun 2017.

Pencapaian tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan 1,7% di tahun 2016 namun akan naik di tahun 2018 sebesar 1,8%.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Indosat Siap Tawarkan Obligasi

PT Indosat Tbk (ISAT) akan mencari dana tambahan untuk pembayaran utang dan pembayaran biaya hak ...