Home » Ekonomi & Bisnis » Gubernur Jatim Dorong Peningkatan Kredit UMKM Melalui Bank Jatim

Gubernur Jatim Dorong Peningkatan Kredit UMKM Melalui Bank Jatim

Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, menyampaikan bahwa, PT Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) harus meningkatkan porsi penyaluran kredit dan pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta penurunan bunga yang dipatok terhadap kredit tersebut.

Pakde Karwo, Sapaan akrab untuk Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Bank Jatim harus bisa mengalokasikan dana lebih untuk memperbanyak Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan suku bunga yang rendah. Namun, Bank Jatim juga harus tetap memperhatikan resiko kredit macet yang bisa terjadi.

Baca Juga :  Mandiri Syariah Raih Rp7,47 Triliun Pendanaan Infrastrukstur

Pakde Karwo mengatakan “Saya kira dengan skenario penyaluran dana pembiayaan yang lebih baik, salah satunya rencana Direktur Utama Bank Jatim, Pak Roso, tentang pemberian kredit skema bunga murah, bisa dipastikan pasar penyalurannya akan sangat luas”.

Bank ber-plat merah ini, sudah membukukan laba bersih senilai Rp.1,01 triliun, atau mengalai kenaikan 21,28% dibandingkan dengan periode tahun lalu. Kenaikan laba ini salah satunya berasal dari peningkatan pendapatan bunga bersih yang naik 3,38%, menjadi Rp.2,62 triliun.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo: APBN Harus Bisa Sesuai Target

Pendapatan bunga bersih ini terutama berasal dari penyaluran kredit selama tahun 2017, Bank Jatim telah menyalurkan kredit sebesar Rp.30,6 triliun, atau mengalami kenaikan 3,62%. Bank Jatim dinilai sudah menyumbang kontribusi besar terhadap peningkatan perekonomian Jatim.

Selain itu, data PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jatim tahun 2016 mencapai angka Rp. 1.855 triliun atau setara dengan $140 miliar. Dari jumlah tersebut, hanya Rp. 146 triliun atau 7,8% saja yang merupakan uang pemerintah, sementara 92,2% nya adalah uang swasta yang dihimpun perbankan, termasuk dana nasabah Bank Jatim. Uang-uang tersebut digunakan untuk beberapa investasi dan perdagangan, sehingga ekonomi masyarakat Jatim semakin berkembang.

Baca Juga :  Ekonom: Inginkan Pemerintah Tindaklanjuti Simplifikasi Cukai Rokok

Dari keseluruhan total kredit Bank Jatim, sekitar 70% sudah disalurkan ke  sektor UMKM, dan sisanya disalurkan pada korporasi.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

BRI Support Sinergi Bersama BPD

Kerjasama BRI dengan BPD dalam membangun sinergi yang lebih baik untuk kondisi perbankkan tanah air, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *