Home » Ekonomi & Bisnis » BI Gandeng Pesantren dan UMKM Demi Kemandirian Ekonomi

BI Gandeng Pesantren dan UMKM Demi Kemandirian Ekonomi

PT Bank Indonesi Tbk (BI) selama tahun 2017 ini telah melakukan pemberdayaan ekonomi pesantren dan UMKM diseluruh Indonesia. Setidaknya sudah ada 62 Pesantren dan ratusan UMKM yang telah berkolaborasi dengan BI melalui 32 kantor perwakilan BI diseluruh Indonesia.  Program pemberdayaan pesantren dan UMKM merupakan suatu perwujudan strategi kemandirian ekonomi melalui komunitas yang tergabung dalam organisasi maupun lembaga pendidikan.

Agus Martowardojo, Gubernur BI, mengatakan bahwa “Kami sebagai penyedia layanan menyambut dengan positif serta memberikan dorongan kepada Pesantren dan UMKM diseluruh Tanah Air dalam membangun  gerakan dan kerjasama melalui program ekonomi syariah. Program ini dilakukan sebagai wujud nyata peran pesantren dan UMKM dalam pemberdayaan ekonomi yang lebih inklusif”.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo: APBN Harus Bisa Sesuai Target

Sebagai bentuk nyata dari kolaborasi antara BI dengan Pesantren dan UMKM, telah dibuat Forum Bisnis Pesantren Nusantara serta Koperasi Syariah Serekat Bisnis Pesantren dengan anggota 17 Pondok Pesantren Besar di Jawa Timur sampai saat ini. Kolaborasi yang dilakukan oleh BI tersebut ditandai dengan pembuatan komitmen yang disetujui oleh 17 pimpinan pondok pesantren pada tanggal 10 November 2017 lalu, di Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga :  BRI Support Sinergi Bersama BPD

Pihak BI telah melakukan Survey, dimana hasil yang didapatkan adalah sumber dana pesantren yang utama masih berasal dari iuran santri dan dari bantuan pemerintah daerah. Sementara kontribusi dana dana unit usaha masih relatif kecil yaitu hanya sebesar 12 persen saja karena memang masih terdapat beberapa kendala dalam pengembangan ekonomi di lingkup pesantren seperti pemasaran, jaringan, permodalan dan kapabilitas.

Baca Juga :  Mandiri Syariah Raih Rp7,47 Triliun Pendanaan Infrastrukstur

Sehubungan dengan hambatan tersebut, BI bersama-sama dengan kementerian agama dan pesantren telah menyusun “Roadmap Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren” yang dibuat pada tahun 2016 dan dilaksanakan sampai sekarang.  Dalam pelaksanaannya, sejak tahun ini BI telah menggandeng 62 pesantren dalam melaksanakan Pilot Project dan replikasi pengembangan usaha.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

BRI Support Sinergi Bersama BPD

Kerjasama BRI dengan BPD dalam membangun sinergi yang lebih baik untuk kondisi perbankkan tanah air, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *