Home » Pemasaran » kredit & Pinjaman » WOM Finance Resmi Menjadi Milik Reliance
wom-finance

WOM Finance Resmi Menjadi Milik Reliance

Diawal tahun 2017 ini, PT Reliance Capital Management memberikan kejutan baru. Reliance menyatakan akan mengakuisisi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance). Reliance akan mengambil alih kepemilikan saham Wom Finance dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII).

Menurut Direktur Utama Reliance Capital Management, Anton Budidjaja menyatakan bahwa pihaknya telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat pada tanggal 11 Januari 2016. Dalam perjanjian yang dibahas telah sepakat untuk pembelian Saham sebesar 68.55% saham Maybank di WOM Finance oleh Reliance. “ujarnya”.

Walaupun sudah resmi di akuisisi, namun Pihak Reliance belum mau menyebutkan dana yang digelontorkan untuk aksi korporasi ini. Namun sesuai informasi yang dihimpun Maybank, bahwa nilai total pengalihan saham mencapai Rp 673,7 miliar atau sama dengan Rp 282,35 per lembar saham.

Selain itu, Reliance dikabarkan melakukan akuisisi menggunakan dana kas internak perusahaan. Diharapkan pengambil alihan saham bisa rampung pada Maret 2017.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria menyatakan, pengalihan saham ini adalah salah satu cara untuk memaksimalkan modal dan perampingan segemntasi nasabah. Seperti diketahui, Maybank juga memiliki perusahaan pembiayaan lain yaitu PT Maybank Finance.

Setelah proses transaksi dengan Reliance selesai, Maybank sudah tidak mempunyai saham lagi di Wom Finance. Seperti diketahui, WOM Finance di pegang oleh Maybank sudah dari 16 September 2004.

Pada tahun 2004, Maybank masih bernama Bank International Indonesia (BII) membeli saham WOM Finance sebanyak 75%, harga perlembar saham Rp 493 per saham dengan nilai transaksi sekitar Rp 400 miliar.

Dengan kepimilikan baru WOM Finance, sangat berpeluang aksi korporasi baru dari Tender Offer saham dari pemilik saham yang lain. Selain Maybank, pemilik saham WOM Finance yang lain yaitu PT Wahana Makmur dengan  17,67% sementara sisanya dimiliki oleh publik. Kini harga saham WOMF masih berada di kisaran Rp 198 persaham atau melonjak 34.69%.

Dengan akuisisi ini, WOM Finance berpeluang bisa mendapatkan pangsa yang lebih besar dan juga berpeluang memperluas pangsa pasar perusahaan. Sebab WOM Finance memiliki segmen pembiayaan sepeda motor banyak dimanfaatkan masyarakat menengah ke bawah.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

informasi seputar pertambangan dibulan juni 2017

Kredit Pertambangan Dapat Angin Segar

Beberapa bankir sudah melihat titik terang pertumbuhan kredit disektor pertambangan pada tahun ini akan membaik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *