Home » Sekuritas » Reksadana » Tips Mencari manajer Investasi Terbaik untuk Pemula

Tips Mencari manajer Investasi Terbaik untuk Pemula

Investasi Reksadana menawarkan keuntungan yang sangat menarik. Tak jarang banyak masyarakat kini yang terjun kedalam investasi ini. Selain itu, investasi reksadana juga menjadi primadona hal ini bisa terlihat dari kinerja reksadana yang membaik selama tahun 2016.

Bukan hanya menawarkan keuntungan menarik, Reksdana juga sangat mudah untuk dimengerti dan terjangkau untuk kalangan masyarakat.

Bagi pemula yang baru terjun dalam investasi reksadana harus memperhatikan beberapa hal. Terutama Manajer Investasi. Manajer investasi merupakan perusahaan yang menaungi produk reksadana yang nantinya akan menampung dana masyarakat.

Baca Juga :  CRM Indonesia

Hal ini yang menjadi sorotan sebab sebagai seorang pemula perlu mendapatkan manajer investasi terbaik dan tidak bodong atau manajer investasi Abal abal. Lalu bagaimana memilih Manajer Investasi Terbaik? Berikut akan kami berikan tipsnya.

Cermat Memilih Manajer

  • Cek Legalitas Perusahaan

Bagi pemula yang bergabung dalam Reksadana sangat penting untuk melihat Legalitas Manajer investasi, hal ini untuk menghindari manajer Investasi Bodong. Jika masih ragu, bisa melihat atau mengecek manajer invetasi tersebut ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Dan akan tersedia lengkap profil perusahaan manajer investasi tersebut. Selain itu,  bisa juga melihat di Website Otoritas jasa Keuangan (OJK) jika manajer investasi resmi akan terdaftar di OJK.

  • Melihat Pengalaman
Baca Juga :  CRM Indonesia

Manajer Investasi terbaik tentu memiliki pengalaman yang baik dalam mengelola modal investor. Usahakan kita melihat pengalaman manajer investasi yang dipilih. Apakah memilik track record bagus, dan juga apakah Manajer investasi sudah lama beroperasi (Setidaknya 5 tahun).

  • Pantau Kinerjanya

Bukan hanya pengalaman, kinerja manajer investasi dalam mengelola dana juga perlu dipertimbangkan. Apakah kinerja perusahaan naik turun, kinerja perusahaan bisa terlihat dari portofolio hasil investasi yang pernah mereka kelola. Calon investor bisa meminta portofolio saat ingin mendaftar reksadana. Selain itu pantau juga laporan hasil investasi manajer investasi tersebut.

  • Transparansi biaya
Baca Juga :  CRM Indonesia

Setiap manajer investasi memiliki biaya yang berbeda beda. Biaya tersebut mencangkup pembelian, pengelolaan, dan penarikan reksa dana. Perlu diketahui juga, Tarif manajer investasi tidak menjamin keberhasilan manajer tersebut. Namun rata rata manajer investasi terbaik akan mematok tarif tinggi. Ada baiknya kita meminta transparansi tarif saat ingin mendaftar.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

BNI AM Luncurkan Produk Reksadana Indeks

Sepanjang tahun 2018 ini beberapa manajer investasi mengumumkan akan segera meluncurkan produk reksadana terbarunya. Yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *