Home » Sekuritas » Tingkatkan Likuiditas Pasar, Transaksi Margin Akan Di ubah

Tingkatkan Likuiditas Pasar, Transaksi Margin Akan Di ubah

Saat ini Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengambil langkah untuk kembali meningkatkan likuiditas di pasar modal. BEI akan menggunakan beberapa cara untuk bisa menggairahkan kembali pasar modal indonesia, salah satunya dengan mengubah skema transaksi margin. Usulan BI yang akan mengubah Skema transaksi margin sudah di sambut baik oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK menilai dengan perubahan skema ini di nilai mampu untuk menambah lagi likuiditas di pasar. sehingga OJK sangat setuju dengan usulan dari BEI tersebut. Saat ini likduitas pasar modal indonesia cendrung mengalami penurunan. Oleh sebab itu BEI berupaya meningkatkan kembali likuiditas di pasar modal.

OJK sebagai salah satu lembaga yang menaungi keuangan, sangat menyambut positif usulan BEI merubah skema transaksi margin. Selain itu OJK juga akan segera membahas prihal pengubahan skema transakasi ini. dan yang sudah menjadi pertimbangan adalah transaksi margin yang akan di pertimbangkan lagi, mulai dari modal disetor akan ditingkatkan hal ini juga berlaku untuk perusahaan sekuritas dan juga anggota bursa. Pada sebelumnya BEI telah berencana untuk membuat perusahaan sekuritas untuk masuk menjadi anggota bursa menjadi 2 kelompok beradasarkan besaran MKBD (modal kerja bersih disesuaikan). Nantinya akan ada 2 kelompk transaksi. Mulai dari MKBD Di atas 250 miliar dan juga MKBD di bawah 250 miliar. Namun hal ini masih perlu di kaji lebih jauh.

Saat ini prihal transaksi margin, BEI telah mempersiapkan segalanya agar hal ini bisa berjalan dengan lancar. Peran ojk di sini adalah dengan akan ikut mendorong untuk melonggarkan peraturan produk reksadana yang berbasis sukuk. Namun saat ini yang menjadi prioritas adalah mengubah skema transaksi margin agar mampu meningkatkan kembali likuiditas pasar modal.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Semakin Menguatnya Simpanan Nasabah

Mendekati pergantian tahun penghimpunan dana ketiga semakin meningkat, meskipun kondisi perbankan memasuki awal tahun memperlihatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *