Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan » Tahun Depan, Bank Muamalat Targetkan Pertumbuhan Biaya 10%

Tahun Depan, Bank Muamalat Targetkan Pertumbuhan Biaya 10%

Sepanjang tahun 2016 industri perbankan berada pada jalur Positif. Kinerja bankir memberikan nilai yang baik karena terbawa dampak pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu di tahun 2017 Bank Muamalat akan mentargetkan pertumbuhan pembiayaan bisa menyentuh 9% – 10%. Strategi yang akan dilakukan adalah dengan mulai menggenjot sektor pembiayaan seperti Konsumer, ritel dan juga Kredit pemilikan rumah (KPR). Hal tersebut mengingat untuk tahun depan pertumbuhan dari segmen tersebut sangat menjanjikan sehingga pihak bank akan mulai melakukan peningkatan dan diproyeksikan bisa mencapai target pembiayaan mencapai 9% sampai 10%.

Menurut Direktur Bank Muamalat Indra Y. Sugiarto mengatakan bahwa, untuk tahun depan akan lebih mengandalkan pertumbuhan sektor konsumer dari KPR. Sebab bank muamalat memiliki program suku bunga KPR dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dengan bunga 5%. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa pada tahun depan, pihaknya akan mulau mencari pertumbuhan dana kredit dari sektor korporasi. Hal tersebut didasari dari prediksi bahwa tahun 2017 diperkirakan akan mengalami pertumbuhan ekonomi dan akan mendorong permintaan pembiayaan modal kerja dan investasi dari beberapa korporasi.

Bank Muamalat akan banyak mengincar sektor korporasi pada tahun depan. Dan sektor korporasi yang sudah di incar adalah agribisnis, manufaktur, makanan dan minuman. Dengan target pertumbuhan pembiayaan pada tahun depan, di perkirakan juga laba akan membaik.

Ini sampai kuartal III 2016, bank muamalat mencatatkan penurunanan pembiayaan 4.06% menjadi Rp44.85 triliun dari tahun sebelumnya. Dan untuk laba bersih turun 67.26% menjadi Rp 37 miliar. Penurunan ini terjadi karena alokasi pencadangan sebesar Rp 1,4 triliun. Namun untuk tahun 2017, Bank Muamalat sangat optimis bisa menaikan target pembiayaan sejalan dengan strategi yang sudah dipersiapkan.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Bank Muamalat Siap Kedatangan Investor Baru

Dikabarkan sudah ada empat investor yang sudah bersedia untuk menyetor modal ke PT Bank Muamalat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *