Home » Sekuritas » Obligasi » Return Obligasi Catat Hasil Positif Di 2016

Return Obligasi Catat Hasil Positif Di 2016

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi indonesia sepanjang tahun 2016 sangat memberikan dampak positif terhadap kinerja indsutri pasar modal indonesia. beberapa kinerja indsutri pasar modal indonesa mampu menorehkan hasil positif selama setengah tahun ini. yang paling terlihat adalah kinerja dari obligasi domestik yang mampu mencatatkan return positif sepanjang tahun ini. hal tersebut di dorong oleh laju pertumbuhan ekonomi indonesia yang membaik dari segala sektor.

Jika dilihat dari Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), indeks obligasi domestik mengalami pertumbuhan yang signifkan. Obligasi domestik naik sekitar 12.26% ke level 205.74 selama kurun waktu enam bulan pertama di tahun 2016. Sejumlah obligasi mengalami kenaikan yang positif, return obligasi korporasi tumbuh 8.73% dan obligasi pemerintah naik sekitar 12.77%. pertumbuhan obligasi ini di dorong oleh adanya pemangkasan suku bunga acuan BI Rate selama tahun 2016 ini, sehingga berimbas terhadap kinerja pasar modal indonesia.

Selama tahun ini, BI sudah melakukan 4 kali pemangkasan suku bunga acuan dan hingga saat ini berada pada angka 6.5% dan hal ini yang membuat obligasi berjalan pada zona positif. selain itu pasar obligasi juga di dorong oleh nilai tukar rupiah yang tergolong masih sangat stabil. Adanya tren pemangkasan suku bunga membuat daya tarik sendiri untuk pasar obligasi. yield obligasi pemerintah bertenor 10 tahun mencapai 7,37% angka tersebut merupakan pencapaian. Di perkirakan pertumbuhan obligasi ini akan terjaga sepanjang tahun 2016 ini. mengingat saat ini pertumbuhan ekonomi indonesia sedang membaik.

 

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Obligasi Ritel Online Siap Diluncurkan pada 2018

Setelah dianggap gagal dalam penerbitan Obligasi Negara ritel seri 14 (ORI104), pemerintah kini berencana untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *