Home » Saham » Investasi » Reksadana Saham Masih Menjadi Primadona

Reksadana Saham Masih Menjadi Primadona

2016 bisa menjadi tahun keemasan bagi para investor Reksadana. Sepanjang tahun ini industri reksadana berhasil mencatatkan torehan yang positif. Situasi dan kondisi pasar modal yang sangat positif di kuartal pertama 2016, membuat para manajer investasi berhasil mendapatkan imbal hasil positif untuk reksadana yang dikelola nya. Salah satu reksadana yang menjadi primadona dan juga menghasilkan kinerja yang positif adalah kinerja reksadana saham. Lihat saja kinerja reksadana saham, jika dilihat dari awal tahun hingga akhir bulan November, reksadana Treasure Fund Super Maxxi berhasil menorehkan hasil sebagai reksadana saham dengan return paling tinggi dibandingkan dengan reksadana lainnya.

Produk reksadana dari Trasure Fun Investama ini berhasil mencatatkan return 51.19% lalu di posisi kedua ada Sucorinvest Equity Fund dengan return 46.48% dan di posisi ketiga ada Sucorinvest Sharia Equity Fund dengan return 40,42%. Masih diperiode yang sama, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil merangkak naik 12.1% dan rata rata reksadana saham hanya 6.42%. beberapa pengamat mengatakan bahwa, reksadana saham telah berhasil memanfaatkan strategi saat laju IHSG sedang bullish pada periode Januari hingga bulan Oktober 2016. Selain return ini juga didapat akibat investasi di saham tambang dan saham lapis kedua. Terhitung sejak Januari hingga 9 Desember 2016 return investasi di sektor ini sudah mencapai 75.67%.

selain itu bisa juga melihat lima besar saham yang mengisi portofolio reksadana jawara dan yang menjadi lima besar saham Sucorinvest Equity Fund adalah ANTM, BBNI, GGRM, TLKM dan WIKA. Dan ada juga lima besar aset Sucorinvest Sharia Equity Fund adalah ADHI, ANTM, ASII, ITMG dan PTPP. Dengan hasil tersebut memperlihatkan bahwa saham kontruksi dan saham tambang milik pemerintah juga turun membantu meningkatkan return.

Di sisi lain, reksadana campuran, Net Dana Flexi mencatatkan return tertinggi yaitu 39.22%, lalu ada SAM Dana Berkembang yang mencetak return 29.01% dan Sam Dana Bersama dengan return 27.77%.  dan masih periode yang sama, return rata rata reksadana campauran hanya 8.02%.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Tekanan Masih Menghantui Pasar SUN

Tekanan demi tekanan masih terus membayangi pasar investasi tanah air. Setelah pelemahan rupiah yang terjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *