Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan » Ramai Uang Elektronik Gratis, Ini Klarifikasi BI

Ramai Uang Elektronik Gratis, Ini Klarifikasi BI

Sejak kemarin ramai diwartakan jika sejumlah bank penerbit kartu uang elektronik dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan kartu uang elektronik gratis. Banyak masyarakat yang salah menanggapi pernyataan tersebut. Masyarakat mengira yang gratis tersebut merupakan saldonya. Karena ada yang salah menanggapi masalah tersebut, Bank Indonesia (BI) memberikan klarifikasinya.

Direktur Program Elektronifikasi dan Departemen Kebijakan dan Pengawas Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Pungky Purnomo Wibowo menjelaskan, jika uang elektronik gratis tersebut bukan saldonya yang gratis, melainkan hanya kartunya dan itu diberikan bagi yang membutuhkan. Pendistribusiannya akan dilakukan disetiap ruas tol. “jelasnya”

Baca Juga :  Bank BJB Sangat Optimis Kondisi Perbankan Tahun 2018 Jauh Lebih Baik

Ia juga menambahkan, sebagai rangka mendukung elektronifikasi jalan tol, bank penerbit kartu uang elektronik dan BUJT sudah berencana untuk membebaskan biaya pembelian kartu. Gratis biaya kartu tersebut agar bisa mendorong masyarakat untuk menggunakan uang elektronik dalam melakukan transaksi.

Terkait rencana gratis biaya kartu tersebut, BI sangat mendukung rencana tersebut dan akan melakukan pengawasan sistem pembayaran terhadap perbankan dalam hal ini uang elektronik (u-nik). Nantinya, supervisi sistem pembayarannya dibawah BI dan BUJT berada dibawah BPJT (Badan Penyelenggara Jalan Tol). Sementara itu, BPJT berada dibawah pengawasan Kementerian PUPR.

Baca Juga :  Citibank Bukukan Laba Bersih Rp.2 Triliun di Triwulan III

Adapun rencana jumlah kartu yang digratiskan biaya kartunya oleh bank penerbit sekitar 1.5 juta keping. Dan ini akan mulai dilakukan pada  Senin 16 Oktober 2016 hingga 31 Oktober 2017.

Perlu diketahui, saat ini sudah ada empat bank BUMN dan satu bank swasta yang bisa digunakan untuk transaksi dijalan tol. Bank tersebut antara lain, Flazz milik BCA, E-money keluaran Bank Mandiri, TapCash dari BNI, Brizzi dari BRI dan Blink dari BTN bekerjasama dengan Bank Mandiri.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk – produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

MNC Finance Gelar Nota Kesepahaman MoU Soal Jaminan Fidusia

MNC Finance  kemarin (11/12), telah mengadakan pertemuan dengan Polda Riau untuk membahas MoU (Nota Kesepahaman) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *