Home » Pasar Uang » Analisa Forex » Pundsterling Menurun Ke Low Dua Pekan Terhadap Euro

Pundsterling Menurun Ke Low Dua Pekan Terhadap Euro

Mata uang Poundsterling merosot ke level rendah dua pekan terhadap mata uang Euro di sesi perdagangan Eropa hari ini, Kamis (22/12/2016) sore ini. Survei yang dilakukan terhadap konsumen di Inggris memperlihatkan situasi yang menyedihkan dengan kaitannya pada prospek ekonomi Negara Inggris pada tahun 2017 mendatang. Dampak dari itu, berakibat pada perdagangan Sterling menjadi defensive terhadap Euro.

Kemrosotan Poundsterling terhadap Euro sudah terjadi yang keempat harinya dan terpanjang semenjak bulan Agustus, terkait adanya gangguan dalam pemulihan nilai mata uang Inggris dari level rendahnya 14 tahun terhadap Greenback minggu ini. Pelemahan GBP terhadap Euro menjadikan Sterling tertahan pada level rendah 1 bulan terhadap USD dalam perdagangan yang saat ini sepi menjelang libur akhir tahun 2016 ini.

Laporan dari peneliti pasar GFK memperlihatkan kenaikan yang berasal dari minat masyarakat Negara Inggris untuk berbelanja. Dalam indeks sentiment bulanan mengalami kenaikan dari yang sebelumnya -8 yang terjadi pada bulan November menjadi -7 pada bulan Desember ini. Namun demikian, dari sinilah Outlook dari indeks sentiment konsumen untuk tahun baru mendatang menjadi lebih jelas rendahnya.

“dua situasi dimana baik secara ekonomi maupun secara financial yang diekspektasi dari konsumen semenjak dua belas bulan lalu makin memburuk, dan indikasi bahwa kepercayaan konsumen akan makin merosot dan lebih lagi jelas terlihat di tengah tahun baru nanti,’ jelas ekonom dari Allan Monks, JP Morgan, dilansir dari Reuters.

Penurunan poundsterling mencapai 0.3% pada angka 86.45 pence, dan mengalami kemrosotan jauh dari level tinggi 5 bulan yang dicapai pada angka 83.05 pence tersentuh pada bulan Desember ini. Dan terhadap USD sterling anjlok 0.1% diperdagangkan pada harga 1.2341, menurun dari sebelumnya 1.2311 pada Selasa kemarin.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

Pelaku Pasar Menunggu Kebijakan Donald Trump pada 2017

Setelah Donald Trump resmi sebagai Presiden Amerika Serikat, Pasar keuangan Dunia cukup mendapatkan tekanan yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *