Home » Ekonomi & Bisnis » Presiden Joko Widodo: APBN Harus Bisa Sesuai Target

Presiden Joko Widodo: APBN Harus Bisa Sesuai Target

Permintaan dari presiden Joko Widodo terhadap APBN agar memiliki pendapatan yang sesuai denan target yang telah disepakati pemerintah dan DPR, dalam acara DIPA daftar Isian Pelaksanaan Anggaran serta daftar alokasi transfer menuju berbagai darah dengan jumlah dana yang besar pada tahun 2019 yang akan datang,

Langkah ini agar APBN tidak hanya lewat begitu saja tanpa adanya hasil yang diharapkan dalam perjanjian. APBN ini untuk rakyat dan harus tercipta sesuatu yang memiliki manfaat untuk rakyat jangan hanya untuk belanja kebutuhan harian atau bulanan kantor saja atau untuk keperluan birokasi semata.

Presiden juga mengembangkan konsep baru yakni uang mengikuti program Money Follows, tidak hanya presiden juga membahas jika APBN bukan hanya  untuk berjalan kanan kiri saja namun harus ada tujuan yang jelas setiap dana yang sudah masuk.

Lebih jelasnya presiden menegaskan jika APBN akan digunakan untuk mengembangkan sektor sumber daya manusia, untuk menambah daya saing, menguatkan berbagai sektor investasi dan untuk memberikan energi nilai tukar rupiah. Dengan target yang harus realistis tersebut presiden menginginkan lembaga kementrian dan Kepala daerah terus mengontrol pelaksanaan dana APBN.

Untuk langkah pertama yang harus dilakukan ialah mempersiapakan program yang telah disepakati dan program untuk tahun 2019 agar bisa berjalan lebih efeketif memasuki awal tahun.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

Risiko Perekonomian Semakin Meningkat Tahun 2019

Jumlah dana pensiun sebesar 8,36 triliun, sedangkan dana untuk tahun 2018 kemarin sebesar 11,86 triliun. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *