Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan Syariah di JABAR Menurun

Perbankan Syariah di JABAR Menurun

Trend perbankan syariah yang ada di Jawa Barat kian meredup. Hal itu terlihat pada berkurangnya market berbagi perbankan syariah dalam bulan semester I/2017.

Dari keterangan Kepala Perwakilan Bank Indonesia JABAR Wiwiek Sisto Widayat mengakui, market berbagi perbankan syariah di Jawa barat ada pada kisaran 4,7%. Keadaan itu sebagai kondisi yang lebih rendah dari sebelumnya yang berhasil  sempat meraih 5,1%.

” Ini yang tengah kami lakukan dengan cari info, mengapa bank syariah malah berbanding terbalik, justrujadi melambat. Kondisi pasarnya menurun sekitar 4,7% di banding perbankan konvesnional, ” tegas Wiwiek dalam acara Festival Ekonomi Syariah di lokasi Kantor BI Jawa barat, Kota Bandung, hari Senin 4/9/2017.

Baca Juga :  Minna Padi Bakal Caplok Bank Muamalat – OJK Belum Menerima Laporan

Menurutnya, melambatnya dari kinerja bank syariah di Jawa barat tidak terlepas dari menurunnya kinerja keuangan. Dimana, pembiayaan masih tetap didominasi konsumsi. Sesaat investasi serta modal kerja trennya masih sangat sedikit.

Hal itu tunjukkan kalau perbankan syariah masih kurang progresif dalam menguber nasabah pembiayaan. Diluar itu, bankir dari perbankan syariah juga masih mengeluhkan modal yang relatif lebih mahal daripada perbankan konvensional.

Baca Juga :  BFI Finance Targetkan 6.000 Peserta BFI Run Tahun Depan

Jadi, sambung Wiwiek, berbagi keuntungan yang harus diberikan lebih sedikit. Keadaan itu dinilai justru akan memberatkan mereka.

” Mereka juga mengeluhkan memperoleh calon nasabah untuk investasi. Ada hasrat supaya dana haji disimpan di bank syariah, namun itu kan sulit. Kami tidak dapat mengarahkan kesana, ” katanya.

Meski Wiwiek optimis keadaan perbankan syariah juga akan lebih baik, tetapi keadaan ekonomi Indonesia di pastikan sedikit banyak juga akan punya pengaruh. Dia mengharapkan, ada langkah nyata perbankan syariah untuk kembali menggenjot kinerjanya.

About Wida Yodik

Wida Yodik

Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

BTN Pinjamkan Dana Senilai Rp. 265 Miliar Untuk Pembangunan Apartemen Amarta

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Persero akan memberikan bantuan dukungan pembiayaan kredit konstruktsi untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *