Home » Ekonomi & Bisnis » Penurunan Harga Minyak Pengaruhi Bursa Asia

Penurunan Harga Minyak Pengaruhi Bursa Asia

Pada pembukaan perdagangan awal pekan, bursa asia kembali melemah mengikuti Wall Street yang jatuh akibat pertumbuhan ekonomi global dan adanya penurunan harga minyak dunia. Selain itu indeks ASX 200 Sydney terlihat mengalami penurunan sekitar 0,97% pada awal pekan perdagangan karena terdorong oleh anjloknya saham energi sekitar 2,02%. Tingginya sentimen pasar yang melampui prediksi secara global bisa menjadi dorongan terhadap harga minyak dunia.

Indeks Korea Selatan Kospi di perdagangkan lebih rendah sekitar 0,54%. Indeks Nikkei 225 Jepang terakhir diperdagangkan pada Senin dengan ditutup turun 3,1%. Menurunnya bursa asia akibat adanya penurunan dari harga minyak dunia, minyak dunia menagalmi penurunan sekitar 2,5% dan harga minyak Brent berjangka menetap 1,9 persen di posisi US$ 44,97 per barel.

Menurunya harga minyak dunia ikut mempengaruhi juga harga saham tambang. Beberapa saham tambang mengalami penurunan diantaranya Rio Tinto yang jatuh 4,79%, sementara Fortescue Metals turun 3,19%.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

BI Kembali Buka Transaksi Swap Lindung Nilai Mata Uang Offshore

Sebelumnya pada tanggal 12 Juli 2017 lalu, PT Bank Indonesia (Persero) Tbk (BI) telah membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *