Home » Ekonomi & Bisnis » OJK Dukung Kredit & Asuransi Untuk Pertanian-Peternakan

OJK Dukung Kredit & Asuransi Untuk Pertanian-Peternakan

OJK mendorong penyaluran credit serta asuransi di bidang pertanian serta peternakan guna tingkatkan pembiayaan di bidang pangan.

Dalam info tercatat OJK yang di terima Usaha. com, sejumlah 19 bank membidik siap meningkatkan penyaluran credit ke bidang pertanian, perburuhan serta kehutanan sebesar 14, 12% jadi Rp260 triliun

Prinsip penyaluran credit itu searah dengan program AKSI Pangan OJK yang di luncurkan hari ini, Jumat 24/3/2017 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat yang di hadiri oleh Menteri Koordinator Bagian Perekonomian, Anggota Komisi XI DPR RI, Gubernur Propinsi Sumatera Barat, petinggi Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agraria serta Tata Ruangan/BPN, dan diikuti oleh asosiasi serta pimpinan industri jasa keuangan serta pelaku financial technology (fintech) di bagian pertanian.

Untuk mendukungnya, penjaminan credit bidang pertanian juga ditingkatkan 6, 42% jadi Rp8, 8 triliun. Sedang penjaminan KUR bidang pertanian bertambah 5, 44% jadi Rp9, 9 triliun.

Diluar itu, dari asuransi usaha tani juga premi serta luas tempat terproteksi bakal bertambah 64, 88% jadi Rp180 miliar serta 1 juta hektare. Sesaat asuransi usaha ternak sapi, premi serta jumlah sapi terproteksi bakal bertambah 238, 42% jadi Rp27 miliar, serta 120. 000 ekor sapi.

Program AKSI Pangan adalah akronim dari Akselerasi, Kolaborasi serta Inklusi Keuangan di bagian pangan jadi sisi dari tindak lanjut “Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat” yang di luncurkan Presiden RI di Brebes Jawa Tengah pada April 2016 serta sisi dari implementasi dari Taktik Nasional Keuangan Inklusif yang juga di luncurkan Presiden RI pada November 2016 lantas.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

Gaet Generasi Milenial, BTN Siapkan Produk Baru

Tidak bisa dipungkiri lagi, generasi milenial kini memiliki peranan untuk kemajuan ekonomi nasional. Hal tersebut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *