Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan » MNC Finance Gelar Nota Kesepahaman MoU Soal Jaminan Fidusia

MNC Finance Gelar Nota Kesepahaman MoU Soal Jaminan Fidusia

MNC Finance  kemarin (11/12), telah mengadakan pertemuan dengan Polda Riau untuk membahas MoU (Nota Kesepahaman) tentang Jaminan Fidusia. Pertemuan pembentukan kesepahaman ini bertujuan agar konsumen / klien nantinya tidak akan bingun terhadap hal-hal mengenai hak dan kewajibannya serta terhindar dari masalah hukum.

Sugiarto Butami, Kepala Cabang MNC Finance Pekanbaru menjelaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi hal yang sangat positif, karena konsumen akan mengetahui dengan jelas apa itu Jaminan Fidusia Kendaraan.

Ada beberapa peraturan yang dibentuk pada pertemuan kali ini yaitu, jika debitur ingin mengalihkan kewajiban dan hak nya ke pihak lain, maka harus diketahui dan disetujui oleh pihak leasing terlebhi dahulu. Jadi tidak asal-asalan mengalihkan seperti banyak kasus yang terjadi saat ini.

Apalagi, banyak pihak leasing, termasuk MNC Finance yang selama ini masih menghadapi kendala dalam penagihan pembiayaan kepada kliennya, seolah-olah mereka tidak mempunyai hutang.

Syarifuddin AA Sahuda, General Manager Collection MNC Finance menuturkan, padahal pihak kami selalu memberikan peringatan beberapa kali sebelum menagih kewajiban. Namun, seringkali ada saja debitur yang tidak mau memenuhi kewajiban tersebut, jadi kesepahaman aturan mengenai eksekusi barang jaminan fidusia bakal membantu para leasing agar terhindar dari kerugian.

Dalam pelaksanaan eksekusi jaminan aset fidusia, MNC Finance akan menggunakan dua prosedur. Yang pertama adalah melalui pihak ketiga yang sudah terverifikasi dengan benar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sedangkan yang kedua adalah melalui pihak kepolisian.

Irjen Nandang, Kapolda Riau menjelaskan bahwa setelah adanya MoU yang sudah disepakati bersama-sama dengan kepolisian, diharapkan pihak leasing sudah tidak lagi menggunakan jasa debt collector yang akan meresahkan masyarakat dan mungkin akan menjadi insiden tragis seperti yang baru-baru ini terjadi.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

OJK Terapkan Basel III Sesuai Dengan Kepentingan Nasional

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini sedang berupaya memberikan dorongan terhadap penerapan kerangka Basel III. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *