Home » Saham » Pasar Saham » Mirza: Menurunnya Rupiah Dipengarui Faktor Global

Mirza: Menurunnya Rupiah Dipengarui Faktor Global

Menurunnya kurs rupiah dalam minggu ini akibat faktor global semakin memanasnya konflik dagang AS dengan China hingga saat ini masih belum menemukan titik terangnya. Sesuai keterangan Mirza Adityaswara selaku Gubernur senior Bank Indonesia.

Konflik tersebut hingga saat ini masih sedang bergejolak, ditambah lagi tertangkapnya direktur Huawei di Kanada yang akan akstaradiksi menuju AS. Tidak hanya efek dari perang dagang yang terjadi saat ini tentunya sangat banyak pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi.

Semakin lebih meluasnya dampak dari perang dagang muncul kecemasan dari respon sejumlah bank utama di China yang akan terdepresiasi Yuan. Bahkan kebijakan yang akan dibuat masih menjadi depersiasi lanjut untuk nilai tukar.

Sedangkan laporan dari pasar saham dalam minggu ini masih meunjukkan pergerakan yang melambat untuk data perteumbuhan ekonomi AS yang akan membawa pengaruh terhadap pertumbuhan laba untuk perusahaan di AS. Tidak hanya dalam minggu ini juga terjadi penjualan saham global yang terjadi di AS.

Situasi yang masi h belum membaik ini menular ke sejumlah negara berkembang yang harus melakukan spekulasi dengan penjualan beberapa saham termasuk yang ada di Indonesia.

Masalah tidak terhenti pada pasar saham namun juga berdampak pada yield curve yang semakin menurun pegerakannya, sedangkan untuk nilai tukar Indonesia dan India semakin besar dari pada kurs dari negara lain.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

OJK Terapkan Basel III Sesuai Dengan Kepentingan Nasional

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini sedang berupaya memberikan dorongan terhadap penerapan kerangka Basel III. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *