Home » Saham » Investasi » Masyarakat Masih Banyak Yang Membeli Tanah daripada Menabung

Masyarakat Masih Banyak Yang Membeli Tanah daripada Menabung

Seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), jika saat ini jumlah tabungan masyarakat terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hampir menyentuh 30%. Dilain sisi, pemerintah mentargetkan minimal 75% dari PDB pada 2019 untuk bisa mendukung investasi dalam negeri.

Untuk meningkatkan tabungan masyarakat terhadap PDB, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan jika pemerintah saat ini  sedang menggalakan program inklusi (financial inclusion).

Baca Juga :  Investasi Deposito Tidak Menguntungkan Tanpa Investasi Obligasi Atau Reksadana

Menurutnya,  faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap tabungan, selain konsumsi, ya spekulasi tanah. Sebab masyarakat Indonesia lebih senang saving tanah dibandingkan menabung. Sehingga ini menjadi persoalaan yang perlu dipikirkan agar bisa mewujudkan target 75% PDB di 2019 nanti.

Masyarakat masih banyak yang memilih berinvestasi tanah karena harganya yang terus mengalami lonjakan tiap tahunnya, Perilaku ini menjadikan investasi masyarakat Indonesia di pasar obligasi atau perbankan tidak mencapai yang diharapkan.

Baca Juga :  Investasi Deposito Tidak Menguntungkan Tanpa Investasi Obligasi Atau Reksadana

Hal ini bisa terlihat juga dari saving surat berharga dan perbankan tidak setinggi saving ditanah. Sehingga sangat perlu capital inflow, penanaman modal asing, dan portofolio. Pemerintah juga terus menggenjot agar banyak masyarakat yang berinvestasi dipasar modal dan perbankan.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk – produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Rupiah Lesu, Gairah Investasi Menurun

Penurunan nilai tukar rupiah bisa mengganggu kepercayaan investor asing untuk berinvestasi di Indonesia terutama untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *