Home » Ekonomi & Bisnis » Program CSR » Kondisi Pasar Finansial Memasuki Tahun Politik

Kondisi Pasar Finansial Memasuki Tahun Politik

Pasar finansial telah mengubah pergerakan di zona hijau jelang pergantian tahun 2018, perubahan dalam tahun ini didukung dengan peningkatan suku bunga The Fed, pertumbuhan global, konflik perdagangan AS dengan China yang menghasilkan pasar bergerak tidak setabil.

Jelang pergantian tahun pasar dalam kondisi semakin kondusif, peningkatan pasar saham dengan peningkatan 3,855% untuk perbulan dan 4,17% perbulan. Sedangkan untuk kurs rupuah bergerak naik sebesar 5,93% untuk per November.

Tahun depan, diharapkan pasar akan semakin membaik. Menurut keterangan dari Katarina Setiawan selaku Kepala Ekonom & Strategi Investasi MAMI masih ada 3 pokok bahasan yang akan menjadi perubahan pasar finansial global pada tahun 2019.

Terkait ekonomi dunia saat ini masih bergantung pada zona hijau, suku bunga dalam kondisi akomodatif dan konflik perdagangan AS bersama persaingan. Tiga kondis ini harus tetap diwaspadai, karena suku bunga tahun depan harus ada perubahan yang belum dapat dipastikan.

Pemerintah AS saat ini sedang berada di kondisi positif setelah pemangkasan pajak atas perkembangan ekonominya. Suku bunga yang kurang agresif selama dua tahun dari The Fed yang akan memberikan kompetensi yang baik dan meredanya suku bungan untuk negara mendukung.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

Mandiri Rancang Micro Financing Untuk Pelaku Usaha

Sebelumnya, Pemerintah sudah berencana untuk memberikan akses barang murah untuk para pedagang pasar dan warung. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *