Home » Sekuritas » Reksadana » Kinerja Reksadana ETF Semakin Cemerlang di Bulan Ramadhan
kinerja reksadana etf juni 2017

Kinerja Reksadana ETF Semakin Cemerlang di Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan ini hampir semua produk reksadana Exchanged Traded Fund (ETF) berhasil mencatatkan kinerja yang positif. Bukan hanya itu, hampir mayoritas produk ETF berhasil mengungguli kinerja indeks acuannya. Selama bulan puasa ini, Kinerja ETF sukses berada dalam zona yang positif karena berhasil unggul dari kinerja indeks acuannya.

Melihat data Infovesta Utama 19 Mei 2017 secara Month to Date ,Premier ETF Indonesia Consumer milik PT Indo Premier Investment Management (IPIM) sukses mencatatkan kinerja paling tinggi, ETF ini berhasil membukukan return 5.08%. lalu diperingkat berikutnya ada Premier ETF IDX30 dengan catatan kinerja 4.26% dan Premier ETF Sri Kehati dengan return 4,13%. Selain itu ETF milik Bahana Investment Management yang berjudul ABF IBI Fund mencatatkan kinerja yang positif yaitu 0.43%.

Sebagai perbandingan, dalam waktu periode yang sama indeks IDX30 yang menjadia cuan ETF IDX30 hanya naik tipis 1.31%. lalu indeks Sri Kehati yang menjadi acuan ETF Sri Kehati hanya naik 1.68%. moncernya kinerja indeks ETF melebihi kinerja acuannya karena maraknya pembagian dividen.

Sejumlah indeks yang menjadi acuan ETF memang tidak akan memperhitungkan pembagian dividen. Namun hal tersebut memiliki dampak terhadap kinerja produk ETF sehingga mampu unggul terhadap indeks acuannya. Selain itu, semakin tingginya minat investor terhadap ETF juga semakin meningkat lantara Standard & Poor’s (S&P) menaikkan peringkat investasi Indonesia jadi layak investasi.

 

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Oktober, Reksadana Saham Catat Pertumbuhan

Disepanjang bulan Oktober 2017, Kinerja reksadana saham berhasil mencatatkan kinerja yang positif. mengacu pada data ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *