Home » Sekuritas » Obligasi » Kinerja Obligasi Kian Moncer Pasca Pemangkasan Suku Bunga

Kinerja Obligasi Kian Moncer Pasca Pemangkasan Suku Bunga

Kinerja pasar obligasi tanah air terlihat semakin positif disepanjang bulan September ini. Banyak beberapa faktor yang membuat kinerja obligasi semakin membaik.berdasarkan laporan Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), tercatat pasar obligasi pada sepekan kemarin berada di jalur positif dengan Indonesia Composite Bond Index (ICBI) yang berhasil menguat 0,52% ke level 236,91.

Selain itu, kinerja INDOBeXG-Total Return juga ikut mengalami penguatan sebesar 0.55% ke level 234,33. Penguatan juga dicatatkan INDOBeXC-Total Return sebesar 0,26% di level 245.67. beberapa analis mengatakan, kinerja pasar obligasi mengalami pergerakan yang positif ditengah aksi melihat dan menunggu yang dilakukan investor pada kebijakan bank sentral.

Melihat dari kepemilikan Surat Berharga Negara (SBN), pelaku pasar institusi asing ataupun lokal kompak melakukan net buy pada SBN. Pada kemarin saja asing mencatatkan nett buy terbesar hingga Rp 6,05 triliun. Sementara itu, institusi lokal seperti dana pensiun,asuransi dan reksadana mencatatkan net buy sebesar Rp 1,23 triliun hanya investor ritel domestik yang mencatatkan net sell sebesar Rp 528 miliar.

Nett sell dari investor ritel dipengaruhi oleh melemahnya harga seri ORI011 yang mengalami penurunan 7,76 basis poin (bps) sepekan lalu di tengah menguatnya seri ORI012 dan ORIO13.

Menguatnya nett buy institusi lokal karena ikut terpengaruh oleh ekspetasi penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia dan ditahannya suku bunga Fed Funds Rate (FFR).

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Obligasi Ritel Online Siap Diluncurkan pada 2018

Setelah dianggap gagal dalam penerbitan Obligasi Negara ritel seri 14 (ORI104), pemerintah kini berencana untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *