Home » Ekonomi & Bisnis » Kinerja Bursa Efek Indonesia

Kinerja Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia yang biasa dikenal sebagai BEI atau IDX (Indonesia Stock Change) merupakan bursa pasar modal indonesia hasil dari penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES). BEI memiliki peranan dalam perekonomian di indonesia. salah satu yang sering dilihat adalah IHSG. Indeks Harga Saham Gabungan merupakan salah satu indeks pasar saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia. dimana didalamnya terdapat para investor yang berinvestasi saham di pasar modal.

Kinerja Bursa Efek indonesia saat ini bisa dilihat oleh masyarakat indonesia. masyarakat bisa melihat perkembangan bursa pergerakan harga saham melalui media cetak atau televisi. Biasnya hal ini sering disebut sebagai Indeks Harga Saham. Saat ini ada beberapa jenis Indeks Yang terdapat di BEI

Jenis Indeks di Bursa Efek Indonesia

Indeks harga saham di bursa efek indonesia merupakan gambaran dari harga saham. Ada beberapa jenis indeks saham di bursa efek indonesia. dan semua jenis indeks saham bisa dilihat secara langsung dari berbagai media.

Hal tersebut dilakukan agar para investor bisa menganalisa pergerakan pasar modal. karena investasi saham di pasar modal merupakan investasi yang paling banyak peminatnya di indonesia. berikut adalah beberapa jenis Indeks Saham Di Bursa Efek Indonesia

Jenis Indeks Saham Di BEI

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
  • Indeks Sektoral
  • Indeks LQ45
  • Jakarta Islamic Index (JII)
  • Indeks Kompas100
  • Indeks BISNIS-27
  • Indeks PEFINDO25
  • Indeks Papan Utama
  • Indeks Papan Pengembangan
  • Indeks Individual
  • Indeks Bursa Syariah Indonesia

 

Berinvestasi pada Bursa Efek Indonesia

Saat ini banyak para pelaku investasi saham yang berinvestasi pada bursa saham di bursa efek indonesia. karena bursa efek merupakan bursa pasar yang besar dimana didalamnyaterdapat para pialang yang melakukan jual beli saham. Namun saat ini masih banyak orang bingung tentang penentuan harga jual beli saham pada bursa efek. Berikut adalah ilustrasi berinvestasi pada bursa efek.

Keterangan Perhitungan Nilai Uang (Rp.)
Transaksi Beli 5‎ ‏x 100 saham x Rp. 3,000, 1.500.000,-
Komisi untuk Broker 0,3%‎ ‏x Rp. 1.500.000,- 4.500,-
‎(‏0,3%‎ ‏dari nilai transaksi)
PPN 10% dari komisi 10%‎ ‏x Rp. 4.500,- 450,-
Biaya Pembelian Saham 4.950,-
Total biaya yang dikeluarkan 1.504.950,-

Proses transaksi jual beli saham pada bursa efek harus terlebih dahulu melalui jasa broker. Saat ini sudah banyak broker saham yang tersedia di indonesia.

Keuntungan Berinvestasi Saham Di Bursa Efek

Investasi saham memiliki banyak keuntungan, terutama berinvestasi saham di bursa efek. Para investor yang melakukan invetasi di bursa efek memiliki banyak keuntungan. berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat investor saat berinvestasi di pasar modal

Keuntungan investasi di pasar modal

Mendapatkan Capital gain

capital-gainCapital gain merupakan selisih harga beli dan harga jual. Dalam capital gain memungkinkan terjadinya sekuder yang terjadi diluar pasar.

Mendapatkan deviden

devidenDeviden merupakan keuntungan perusahaan yang dibagikan pada pemegang saham. Keuntungan ini bisa didapatkan oleh investor yang tergabung kedalam RUPS. Biasnya keuntungan ini bisa berupa uang atau juga pemberian stok saham.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

BI Kembali Buka Transaksi Swap Lindung Nilai Mata Uang Offshore

Sebelumnya pada tanggal 12 Juli 2017 lalu, PT Bank Indonesia (Persero) Tbk (BI) telah membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *