Home » Pemasaran » Produk Sekuritas » IHSG Suspend Perdagangan Saham PT Danareksa Sekuritas

IHSG Suspend Perdagangan Saham PT Danareksa Sekuritas

Pada November lalu, IHSG melakukan penghentian perdagangan saham sementara kepada PT Danareksa Sekuritas dan 2 broker lain yang juga ikut dihentikan yaitu PT Relliance Securities dan PT Millenium Danatama Sekuritas. Perusahaan perusahaan ini di-suspend dikarenakan adanya suatu kesalahan dalam transaksi saham PT Sekawan Intipratama Tbk atau SIAP pada saat itu. Menurut Direktur BEI Tio Sulistio sendiri perwakilan dari beberapa broker tersebut sudah diwawancarai terkait kasus ini. Broker yang bermasalah ini pun menjalani serangkaian investigasi dan interview dari pihak BEI dan pada akhirnya mereka divonis untuk hukuman suspensi saham. Lalu BEI melakukan langkah berikut yaitu melaporkan masalah ini ke OJK dan menetapkan pihak pihak yang bersalah akan kasus ini.

Sekuritas – Indikasi Gagal Bayar

Dari broker broker yang mengalami masalah ini, terdapat adanya temuan sebanyak Rp 300-400 miliar yang terindikasi gagal bayar. Menurut Tito, broker ini memiliki nilai transaksi yang berbeda dan juga ada broker yang masih memiliki transaksi lain dan harus memenuhi kewajiban. Dalam pasal di Undang Undang Pasar Modal dan Peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan sendiri ada yang  mengatur seputar kelalaian broker, salah satunya adalah pasal yang dinilai dapat mengganggu kegiatan internal atau image dari pasar modal Indonesia itu sendiri. Menurut Tito sendiri, hal ini sangat disayangkan terjadi mengingat PT. Danareksa Sekuritas adalah anak perusahaan BUMN, PT Danareksa (Persero) yang juga menjadi salah satu broker dengan umur paling tua di Indonesia.

About Setiawan Nugraha

Setiawan Nugraha
Seorang trader dengan berbagai pengalaman berinvestasi dan trading yang menguntungkan

Check Also

Kinerja Sekuritas Masih Aman Hingga Akhir Tahun

Disepanjang tahun 2017 ini, kinerja perusahaan sekuritas terhitung sangat positif. hal tersebut tercermin dari beberapa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *