Home » Sekuritas » Obligasi » Hingga Akhir Tahun, Transaksi SUN Diproyeksi masih Tinggi

Hingga Akhir Tahun, Transaksi SUN Diproyeksi masih Tinggi

Kondisi ekonomi nasional yang semakin membaik berimbas terhadap jumlah transaksi Surat Utang Negara (SUN) yang diprediksi masih akan tinggi hingga akhir tahun. Namun dengan catatanm tidak ada sentimen mengejutkan dari luar negeri.

Mengacu pada data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), total transaksi Surat Berharga Negara (SBN)  sudah menembus Rp 375,22 triliun disepanjang bulan September lalu. Sementara itu, rata-rata volume transaksi harian SBN mencapai Rp 19,75 triliun. Dengan rata rata frekuensi perdagangan harian SBN mencapai 1.363 kali.

Melihat dari data tersebut, stabilnya ekonomi dalam negeri yang ditandai dengan pemangkasan suku bunga acuan dan tingkat inflasi yang terjaga membuat pasar obligasi masih sangat baik hingga saat ini. namun yang perlu diperhatikan adalah sentimen dari luar seperti kebijakan The Fed dan juga kondisi geopolitik dinegara lain terhadap pasar obligasi.

Saat ini pelaku investasi ini juga tidak begitu khawatir dengan penurunan nilai penawaran pada beberapa lelang SUN terakhir. Sebab pemerintah masih bisa mendapatkan dana hasil lelang tersebut melebihi target indikatif yang direncanakannya.

Seperti diketahui, pada lelang SUN terakhir pada 3 Oktober, nilai penawaran yang masuk hanya mencapai Rp 34.14 triliun. Angka tersebut masih kalah dari perolehan pada lelang SUN 19 September yang mencapai Rp 52,41 triliun.

Namun hal tersebut tidak terlalu dikhawatirkan karena merupakan gejala sementara akibat rupiah yang melemah sehingga membuat investor asing menjual kepemilikannya di Indonesia.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Obligasi Ritel Online Siap Diluncurkan pada 2018

Setelah dianggap gagal dalam penerbitan Obligasi Negara ritel seri 14 (ORI104), pemerintah kini berencana untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *