Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan » Himbara Yakin Pengguna Kartu Debit Meningkat Berkat Implementasi GPN

Himbara Yakin Pengguna Kartu Debit Meningkat Berkat Implementasi GPN

Gerbang Pembayaran Nasional (GBP) sudah dirilis secara resmi oleh PT Bank Indonesia (Persero) Tbk (BI) pada Rabu kemarin (07/12). Himbara atau Himpunan Bank Milik Negara (BNI, BRI, Mandiri, BTN) menyatakan bahwa mereka siap untuk mengimplementasikan Gerbang Pembayaran Nasional pada infrastruktur perbankan mereka, sehingga seluruh biaya transaksi mulai dari biaya bulanan, biaya transfer, tarik tunai ATM, maupun cek saldo dapat di tekan sampai ke titik terendah.

Maryono, Ketua Himbara menyatakan bahwa, seiring dengan peluncuran GPN Bank-Bank BUMN telah siap mendistribusikan kartu debit baru berlogo Garuda Merah (Kartu Debit GPN). Rencananya kartu debit tersebut akan di bagikan kepada para nasabahnya mulai Januari 2018.

Baca Juga :  BRI Siap Fasilitasi Inovasi Hiswana Migas

Dia menambahkan bahwa, saat ini pihak Himbara seharusnya sudah siap untuk meimplementasikan GPN didalam infrastruktur mereka. Nantinya kartu baru yang akan diluncurkan berlogo Garuda Merah dan bisa digunakan di semua bank termasuk Himbara.

Menurutnya, kebijakan yang akan dikeluarkan oleh GPN hanya akan menurunkan tarif transaksi sebesar 1% saja, yang semula 2% – 3% menjadi 1% saja. Hal tersebut tidak akan mengurangi keuntungan bank yang tergabung di Himbara secara keseluruhan. Namun, dengan adanya penurunan tarif ini, transaksi yang akan dilakukan oleh masyarakat akan mengalami peningkatan yang tajam, terutama dari penggunaan kartu Debit.

Baca Juga :  BI : GPN Rubah Sistem Pembayaran Antar Bank Jadi Lebih Murah

Sementara itu, Adi Setianto, Direktur BBTN mengungkapkan bahwa nantinya penerapan GPN akan sangat membantu mendorong peningkatan transaksi non-tunai. Saat ini pembayaran tunai masih menjadi pilihan karena biaya yang ditarik hanya pada penarikannya saja, tanpa melibatkan pihak Bank.

Sekitar 85% transaksi di Tanah Air memang masih dilakukan secara tunai, padahal sekitar lebih dari 30% masyarakat Indonesia sudah memiliki akun di bank. Sudah saatnya kebiasaan tersebut diganti menjadi non-tunai dengan menawarkan biaya transaksi yang rendah.

About Wida Yodik

Wida Yodik

Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

MNC Finance Gelar Nota Kesepahaman MoU Soal Jaminan Fidusia

MNC Finance  kemarin (11/12), telah mengadakan pertemuan dengan Polda Riau untuk membahas MoU (Nota Kesepahaman) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *