Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Minyak Dunia Perlahan Sudah Mulai Meningkat

Harga Minyak Dunia Perlahan Sudah Mulai Meningkat

Pada perdangan pekan ini sudah terlihat ada peningkatan dari harga minyak dunia yang sudah bergerak naik dari titik terendah selama 12 tahun. Kenaikan harga minyak dunia dipicu oleh kebangkitan secara teknikal setelah hampir jatuh di bawah USD 30 Per Barel. Selain itu patokan AS terhadap pasokan minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman pada periode Februari naik sekitar 72 Sen dan berkahir di USD 31,20 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu untuk di Europa, minyak mentah Brent Nort Sea ikut naik juga sebesar 72 sen dan di tutup pada USD 31,03 per barel di perdagangan London.

Pengaruh kebangkitan secara teknikal memang memberikan dampak yang baik untuk strategi minyak dunia, sehingga mengalami kenaikan setelah sempat mengalami penurunan yang drastis selama periode hampir 12 tahun terakhir. Mungkin faktor lain adalah pasar telah sedikit kelebihan jual (oversold).

Memasuki tahun 2016 ini, harga minyak kembali merosot lebih dari 15%. Hal ini terjadi karena adanya kekhawatiran dari para investor untuk kondisi global yang mengalami kelebihan pasokan minyak mentah. Dan belum ada kepastian untuk permintaan terutama di negara china.

Selain itu  WTI sempat mengalami penurunan di bawah USD 30 per barel. Iran sebagai negara penghasil minyak telah membuat perubahan untuk kembali ke pasar global. Setelah terjadinya kesepakatan nuklir dan sanksi ekonomi kmungkin akan di cabut sehingga minyak tambahan akan mengalir untuk memenuhi kebutuhan minyak mentah dunia.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

BI Kembali Buka Transaksi Swap Lindung Nilai Mata Uang Offshore

Sebelumnya pada tanggal 12 Juli 2017 lalu, PT Bank Indonesia (Persero) Tbk (BI) telah membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *