Home » Ekonomi & Bisnis » Halmahera Timur jadi sentra pengembangan bawang

Halmahera Timur jadi sentra pengembangan bawang

Kabupaten Halmahera Timur atau Haltim di provinsi Maluku Utara dijadikan sentra pengembangan budi daya bawang.

Bupati Haltim Rudi Irawan mengatakan di Ternate, Senin, pengembangan budi daya bawang di daerahnya tersebut merupakan hasil kerja sama antara pemerintah kabupaten dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malut, Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPPTP) dan Dinas Pertanian provinsi.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo: APBN Harus Bisa Sesuai Target

Ia mengatakan, prakarsa awal untuk menjadikan Haltim sentra pengembangan budi daya bawang tersebut dari BI Perwakilan Malut setelah melihat tingginya ketergantungan provinsi ini pada produksi bawang dari daerah lain.

Bupatia mengemukakan lahan yang sangat luas dan cocok untuk pengembangan budi daya bawang putih di antaranya di wilayah Wasilei Timur.

Kepala BI Perwakilan Malut Boediono sebelumnya mengatakan telah menyiapkan berbagai langkah untuk menyukseskan program klaster pengembangan bawang di Haltim.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo: APBN Harus Bisa Sesuai Target

Langkah yang ditempuh antara lain pemberian bantuan pelatihan kepada para petani yang akan menjadikan lahannya lokasi pengemabangan budi daya bawang.

Ia menambahkan, kalau pengembangan budi daya bawang di Haltim itu berhasil diharapkan dapat diikuti pula oleh kabupaten lainnya di Malut yang memiliki potensi lahan yang cocok untuk tanaman itu, seperti Halmahera Tengah, Halmahera Utara dan Pulau Morotai.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

BI Terbitkan Aturan Penyelenggaraan Fintech

PT Bank Indonesia (Persero) Tbk (BI) telah merilis aturan-aturan mengenai keseluruhan ketentuan penyelenggaraan Fintech (Finansial ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *