Home » Pasar Uang » Dolar Australia Melesat Memberikan Tekanan Terhadap Dolar

Dolar Australia Melesat Memberikan Tekanan Terhadap Dolar

Memasuki sesi pertengahan perdagangan Eropa pasangan AUD/USD mampu bergerak naik hingga mencapai 0.4% ke posisi 0.7150. meskipun kondisi tersebut belum mampu untuk menutupi pelemahan yang terjadi dalam perdaganan sebelumnya.

Semakin membaiknya kurs mata uang Dolar Australia setelah mendapatkan dukungan dari laporan neraca perdagangan China, bahkan Dolar Australia berhasil naik terhadap Dolar New Zealand mencapai 0.23% ke posisi 1.0609 sedangkan untuk pasangan NZD/USD menguat sebesar 0.28% ke posisi 0.6745.

Sesuai dengan laporan dari China untuk sektor ekspor berhasil bergerak naik sebesar 14.2% secara tahunan memasuki bulan Maret. Catatat tersebut salah satu hasil yang sangat baik untuk perekonomian China, sedangkan laporan pada bulan Februari hanya berada di -20.8%.

Sedangkan target sebelumnya hanya mematok hingga 7.3%. Namun untuk sektor import masih belum menunjukkan pergerakan yang berarti bisa dibilang masih jauh dari harapan, laporan terbaru dari sektor import hanya membukukan -7.6% secara tahunan.

Untuk jumlah total resiko yang diterima mencapai -5.2% dalam perdagangan di bulan sebelumnya. Hal itu membawa dampak semakin meningkatnya jumlah surplus laporan keuangan dagang China yang semakin besar mencapai 4.08 miliar bergerak menjadi 32.65 miliar Dolar AS.

Perkembangan perekonomian membuat bullish, karena China salah satu negara yang memberikan pengaruh besar terhadap pasar Australia.  Hal itu bisa dilihat dari informasi terkait dengan China dapat mempengaruhi pergerakan Dolar Australia, akan tetapi informasi yang terjadi dalam negeri tidak memberikan pengaruh yang berarti.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

Pound Sterling Diperkirakan Naik Akibat Meredupnya Risiko Brexit

Semakin menguatnya pound sterling selama 2 tahun terakhir ini terhadapa mata uang euro memasuki sesi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
25 × 28 =