Home » Pasar Uang » Diperkirakan Bunga Kredit Bisa naik di Akhir Tahun

Diperkirakan Bunga Kredit Bisa naik di Akhir Tahun

Permintaan kredit terus mengalami peningkatan ditambah likuiditas perbankan yang semakin mengetat hal ini bisa berimbas terhadap kenaikan suku bunga kredit. Di prediksi, suku bunga kredit bisa naik dalam beberapa bulan kedepan. Dengan kondisi perbankan yang sudah seperti itu, bukan tidak mungkin bisa menjadi pemicu kenaikan suku bunga.

Ditambah lagi dengan biaya dana dan bank umum yang bisa memperoleh imbas positif dari aturan baru Menteri Keuangan No.53/PMK.05/2017. Dalam aturan baru ini mengatus tentang perubagan kedua atas PMK No.3/PMK.05/2014 yang menyangkut masalah penempatan uang milik negara pada bank umum.

Dalam aturan terbaru tersebut, menyebutkan bahwa pemerintah akan meminta batas minimal renumerasi penmpatan uang negara yang semula sebesar 70% dari suku bunga Bank Indonesia (BI) menjadi 87%. Dengan denominasi valuta asing sebesar 70% dari home currency rate.

Dengan banyaknya dukungan terhadap industri perbankan, bukan tidak mungkin akan membuat suku bunga kredit menjadi naik. Di perkirakan bunga kredit mulai perlahan naik sejal kuartal IV 2017 hingga kuartal pertama ditahun 2018. Sebab di perkirakan kredit perbankan akan mulai melonjak pada kuartal IV. Sebab infrastruktur akan mulai menarik pinjaman dalam jumlah besar.

Adanya prediksi kenaikan bunga deposito di akhir tahun juga mampu memberikan pengaruh terhadap pergerakan bunga kredit. Kenaikan bunga deposito terjadi karena adanya rasio kredit dibandingkan simpanan (LDR)

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Bank Mandiri Targetkan Buat 14 Juta Kartu Elektronik hingga Akhir 2017

Kebutuhan masyarakat terhadap uang elektronik atau e-Money terus meningkat sejalan dengan program pemerintah yang menerapkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *