Home » Sekuritas » Deposito » Deposito? Bagaimana Sistem Kerjanya?

Deposito? Bagaimana Sistem Kerjanya?

Deposito atau yang biasa dikenal sebagai deposito berjangka. Adalah produk dari tabungan yang diberikan kepada setiap nasabahnya dengan sistem bagi hasil. Yang didapatkan dari suku bunga tetap. Dan cara menghitung bunga deposito tidak sulit.

Sistem kerja dari deposito itu sendiri sangat mudah dipahami oleh nasabahnya. Sistem kerja deposito itu mewajibkan nasabah nya agar tidak mencairkan dananya pada waktu tertentu saja. Walau demikian. Deposito berjangka mampu memberikan alternatif investasi tabungan yang sangat digemari di indonesia selain beberapa investasi lainnya.

Tentu hal ini sangat berbeda dari tabungan yang biasa yang penghitungan suku bunganya dilakukan setiap hari. Perhitungan bunga deposito itu sendiri sangat mudah dan mudah dipahami oleh para nasabahnya. Karena Sistem kerja deposito berjangka memiliki keunggulan yaitu karena memiliki jangka waktu dan suku bunga yang tetap. Selain itu nasabah dari deposito berjangka telah terjamin oleh LPS ( Lembaga Penjamin Simpanan)

Sistem Kerja Depsosito

  • Pada umumnya bunga deposito memang tinggi namun memiliki sifat bunga tetap yaitu kisaran 3,25% s/d 5,5%
  • Nasabah akan menerima bunga pada saat tanggal jatuh tempo atau dalam jangka waktu yang telah disepakati.
  • Periode deposito itu sendiri dapat diperpanjang secara otomatis setelah jatuh tempo dan dapat menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over)
  • Dana pokok dari deposito berjangka bisa diacairkan setiap waktu. Jika nasabah ingin mencairkan dananya sebelum jatuh tempo maka akan menerima penalti.
  • Jika terdapat kesalahan dalam pemilihan jangka waktu akan menimbulkan kerugian

Suku Bunga Deposito

Telah diketahui bank bank di indonesia sudah mencantumkan suku bunga pertahun untuk deposito. Perlu diketahui suku bunga deposito berjangka itu memiliki variasi. Mulai dari 1, 3, 6, 12, 24 hingga 36 bulan.

Perlu anda ingat ! Bank bisa memberikan suku bunga yang belum dibebani oleh pajak dan sama seperti tabungan biasa. Untuk pajak deposito yaitu kisaran Rp7.500.00,- jika dihitung sebesar 20% dari 3,5% dan akan menerima bunga bersih sekitar 2,8%.

Pencarian terkait lainnya:

  • cara kerja deposito

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

10 Tahun Terakhir, Rata-Rata Anggaran Pertahun Rp70 Triliun

Banyaknya jumlah anggaran negara untuk setiap tahunnya membuat presiden menghimbau semua lembaga dalam mengevaluasi kembali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *