Home » Ekonomi & Bisnis » Cadangan Devisa Indonesia Sudah Mengalami Kenaikan

Cadangan Devisa Indonesia Sudah Mengalami Kenaikan

Pada akhir Februari lalu BI (Bank Indonesia) melaporkan Cadangan Devisa Indonesia Sebesar US$ 104,5 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Januari 2016 sebesar US$102,1 miliar. Maka dapat terlihat cadangan devisa indonesia mengalami kenaikan sebesar sebesar US$ 2,4 miliar atau sekitar Rp 31,2 triliun. Kenaikan cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas dan penarikan pinjaman pemerintah danm juga hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI). Tentu hal ini melebihi kebutuhan devisa nasional untuk membayar utang luar negeri indonesia.

Posisi cadangan devisa pada akhir Februari 2016 tersebut cukup untuk membiayai 7,6 bulan impor atau 7,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Dengan kenaikan jumlah devisa indonesia diharapkan bisa mendukung ketahanan sektor dan bisa untuk menjaga perekonomian secara nasional. Diharapakan cadangan devisa indonesia akan bisa terus mengalami kenaikan untuk menjaga kestabilan perekonomian nasional.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Risiko Perekonomian Semakin Meningkat Tahun 2019

Jumlah dana pensiun sebesar 8,36 triliun, sedangkan dana untuk tahun 2018 kemarin sebesar 11,86 triliun. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
26 + 23 =