Home » Sekuritas » BNI Memberikan KUR Untuk Petani Bawang di Sembalun

BNI Memberikan KUR Untuk Petani Bawang di Sembalun

PT Bank Negara Indonesia Tbk salurkan KUR spesial untuk membantu sejumlah petani bawang putih yang ada di daerah Sembalun, NTB. KUR BNI ini juga akan menolong 300 petani bawang dari keseluruhan berjumlah 4.000 petani dalam tingkatkan produktivitas dalam perkebunan bawang.

Penyaluran KUR dengan simbolis disampaikan pada sebagian penerima di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Jumat 1/9/2017. Penyaluran itu disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Paling utama BNI Achmad Baiquni, serta Corporate Secretary BNI Kiryanto. Ada pada saat itu beberapa petani bawang yang menerima KUR.

Baiquni mengungkap, jumlah petani bawang di lokasi itu sekitaran 4.000 petani. Penyaluran KUR BNI kesempatan ini adalah satu diantara langkah awal dalam penyaluran credit pada petani bawang dengan lebih luas di lokasi Sembalun. Penyaluran KUR ditujukan untuk petani bawang yang mengaturtempat serta memerlukan modal kerja.

” Dana KUR BNI bisa dipakai petani bawang untuk menutupi cost pengolahan tempat, pembelian pupuk, sampai pembelian obat-obatan untuk tingkatkan hasil perkebunan bawang untuk mereka, ” tutur Baiquni, hari Jumat 1/9/2017.

KUR BNI ini juga akan turunkan beban petani dalam mengerjakan tempat pertaniannya. Untuk pengelolaan 1 hektare tempat di lokasi Sembalun memerlukan modal sekitaran Rp  120 juta. Pada saat ini, penyaluran KUR dengan simbolis diberi pada tiga petani bawang Sembalun, yakni Ali Basri, Arifin, serta Husdi.

Dalam peluang ini, Menteri Rini serta BNI ikut berikan kurban dua ekor sapi pada masyarakat untuk rayakan Idul Adha. Rini sempat juga terlibat perbincangan dengan Samirih yang disebut Agen46 BNI. Terkecuali jadi Agen46 BNI yang siap melayani masyarakat Sembalun Bumbung serta sekelilingnya untuk bertransaksi perbankan, Samirih juga adalah salah satu petugas yang akan mendampingi petani yang ada di desa Sembalun Bumbung.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

Pencucian Uang, Sinarmas Semakin Waspada

Acara dalam rangka untuk mengantisipasi pencucian uang dan dana terorisme Asuransi Jiwa Sinarmas menjalin kerjasama ...