Home » Sekuritas » Reksadana » BNI AM Luncurkan Produk Reksadana Indeks

BNI AM Luncurkan Produk Reksadana Indeks

Sepanjang tahun 2018 ini beberapa manajer investasi mengumumkan akan segera meluncurkan produk reksadana terbarunya. Yang kini banyak gencar diluncurkan adalah produk reksadana yang dikelola seacra pasif seperti reksadana indeks. PT BNI Asset Management untuk pertama kalinya akan meluncurkan produk reksadana indeks. Produk tersebut bertajuk BNI-AM Indeks IDX30 (BNI30).

Menurut keterangan perusahaan, tujuan peluncuran reksadana BNI30 ini yaitu agar bisa mereplikasi kinerja indeks IDX30 yang nantinya akan terdiri dari 30 Emiten dengan nilai kapitalisasi terbesar yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Selain itu, peluncuran reksadana ini juga sebagai alternatif untuk investor yang menginginkan strategi investasi yang pasif, sebab selama beberapa tahun ini hampir sebagian besar reksadana pengelolaan aktif mengalami kesulitan untuk mengalahkan tolak ukur.

Pemilihan IDX30 sebagai benchmark karena indeks tersebut menjadi indikator pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Selain itu, kinerja IDX30 juga lebih unggul dari indeks tolak ukur lainnya. Selain itu, tahun 2018 ini tren investor cenderung untuk memilih investasi pasif dibandingkan reksadana aktif. Kondisi ini sudah terjadi diluar negeri dan kini terjadi di Indonesia.

Pengelolaan reksadana jenis ini, nantinya saham akan dipilih dan disaring berdasarkan kapitalisasi dan likuiditasnya di pasar. Selain itu, BNI AM juga nantinya akan melihat fundamental emiten berdasarkan pertumbuhan laba bersih selama tiga tahun terakhir.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Manulife Bantu Kembangkan Literasi pasar Modal Syariah di Jatim

PT Maulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) kembali berkiprah di pasar permodalan syariah khususnya di Provinsi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *