Home » Pasar Uang » BI Pantau Peredaran Uang Elektronik E-Commerce

BI Pantau Peredaran Uang Elektronik E-Commerce

Bank Indonesia (BI) terus memantau peredaran uang elektronik di Indonesia. Sudah banyak yang meluncurkan uang elektronik di Indonesia, salah satunya uang elektronik yang diterbiktkan oleh perusahaan e-commerce. Nantinya perusahaan e-commerce yang meluncurkan uang elektronik akan masuk radar BI. Sebab mereka belum mengajukan izin uang elektronik.

BI mengambil tindakan menghentikan sementara layanan isi ulang atau top up uang elektronik dibeberapa perusahaan e-commerce. Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Pungky Purnomo Wibowo menjelaskan, saat ini ada beberapa perusahaan e-commerce yang masih dalam proses pengurusan perizinan uang elektronik di BI.

Baca Juga :  Manulife Bantu Kembangkan Literasi pasar Modal Syariah di Jatim

Hal tersebut mengacu pada kebijakan BI yang terdapat pada PBI Nomor 18/17/PBI/2016 tentang perubahan kedua atas PBI Nomor 11/12/PBI/2009 tentang uang elektronik (electronic money), dan juga butir II.A.4 SE No.16/11/DKSP perihal Penyelenggaraan uang elektronik.

Aturan tersebut menjelaskan setiap bank atau lembaga selain bank yang mengeluarkan uang elektronik dengan jumlah dana float Rp 1 miliar ke atas maka diwajibkan untuk memiliki izin sebagai penerbit uang elektronik dari BI. Hal tersebut mencangkup perusahaan e-commerce atau market place yang sudah memiliki layanan uang elektronik sebelum mengajukan izin ke BI.

Baca Juga :  Manulife Bantu Kembangkan Literasi pasar Modal Syariah di Jatim

Saat ini BI menegaskan semua e-commerce yang memiliki layanan uang elektronik masih bisa berjalan dengan menggunakan opsi seperti transfer bank, virtual account atau pembayaran menggunakan alat pembayaran kartu.

 

Pencarian terkait lainnya:

  • cara mendapatkan uang elektronik
  • contoh uang elektronik di indonesia
  • macam-macam uang elektronik
  • macam macam uang elektronik
  • kelemahan uang elektronik
  • jenis-jenis uang elektronik yang anda ketahui
  • jenis uang elektronik
  • jenis jenis uang elektronik
  • contoh uang elektronik
  • MACAM-MACAM UANG ELEKTRONIK INDONESIA

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk – produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Bank Mandiri Targetkan Buat 14 Juta Kartu Elektronik hingga Akhir 2017

Kebutuhan masyarakat terhadap uang elektronik atau e-Money terus meningkat sejalan dengan program pemerintah yang menerapkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *