Home » Pemasaran » kredit & Pinjaman » Berikut Adalah Cara Cek BI Checking Mudah dan Efektif
cara cek status bi checking bank indonesia

Berikut Adalah Cara Cek BI Checking Mudah dan Efektif

Cara Cek Status BI Checking – BI Checking bisa saja menjadi momok yang menakutkan untuk mereka yang akan mengajukan kredit ke Bank. BI Checking atau istilah yang digunakan Bank Indonesia (BI) adalah Informasi Debitur Individual (IDI) histori ini terdata dan bisa dilihat dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia.

Lalu data pinjaman tersebut harus disampaikan Biro Informasi Kredit (BIK) Bank umum atau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang memiliki modal lebih dari Rp 10 Miliyar. Jika anda pernah mempunyai kredit maka rekam jejak anda ketika mengangsur kredit akan diberikan nilai mulai dari angka 1 jika kredit lancar dan angka 5 jika kredit macet.

Jika anda memiliki rekam jejak tidak cukup baik atau memiliki nilai angka 3 ke atas maka pengajuan kredit bisa jadi ditolak. Namun demikian, perlu diingat juga aturan bank yang satu dan yang lainnya berbeda beda. Yang menjadi permasalahannya adalah banyak debitur atau mungkin anda yang tidak sadar jika nama anda masuk dalam daftar hitam tersebut

Sebenarnya untuk cek BI Checking sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan layanan online. Anda bisa mengakses website resmi Bank Indonesia yaitu www.bi.go.id. Dalam menu moneter anda pilih dropdown menu informasi kredit, lalu selanjutnya permintaan IDI Historis. Lalu pada laman tersebut muncul historis yang perlu dilengkapi.

Dalam isian formulir tersebut anda harus mengisi sejumlah data pribadi seperti nama lengkat, email, gender, tempat tanggal lahir, nomor telepon, Dll. Jika sudah dilengkapi, anda tinggal tekan tombol kirim. Maka anda akan mendapatkan balasan melalui Email. Balasan email biasanya sekitar 4 hingga 7 hari kedepan. (Cara Cek Status BI Checking Online)

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Pemerintah Masih Tetapkan Bunga KUR Pada Tahun Ini Sama, Yakni 9%

Semarang – Tingkat Suku bunga pinjaman untuk KUR (Kredit Usaha Rakyat) pada tahun ini masih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *