Home » Pemasaran » kredit & Pinjaman » Berbagi Tips Mengamankan Keuangan

Berbagi Tips Mengamankan Keuangan

Ada istilah bahwa kaya bukan berarti anda akan bahagia. Salah satu Kolumnis New York Times Wealth Matters, Paul Sullivan memilki banyak uang, namun mengapa anda tidak pernah merasa aman saat menjalani hidup. Menurutnya dalam kehidupan sehari-hari Paul sendiri bersama istri awalnya merasa sangat mudah dalam melakukan manajemen keuangan, namun ternyata resiko yang dihadapkan sangat jauh dari mudah. Seperti dikutip dalam forbes.com pada Sabtu lalu. Paul sendiri akhirnya memutuskan untuk bergabung dalam sebuah wadah komunitas investor yang berada yaitu Tiger 21, sehingga akhirnya Paul sendiri mengambil asuransi jiwa dan juga asuransi disabilitas. Lalu Paul sendiri juga melakukan penjualan kondominium mewah yang berada di kawasan Florida.

Pelajaran dari kelompok eksklusif dengan 300 orang kaya dari seluruh Amerika Serikat itu ia tulis dalam buku “The Thin Green Line: The Money Secrets of the Super Wealthy.” Judul buku itu mengacu pada keamanan keuangan yang datang ketika Anda mengalami kejadian hidup yang negatif, seperti pemutusan hubungan kerja atau sakit keras. Sullivan menganggap seorang guru atau manager keuangan sukses memiliki kesempatan menjadi kaya kalau mereka memiliki keamanan keuangan. “Mereka kaya kalau bisa mengendalikan uang, bukan sebaliknya,” kata Sullivan.

Berikut lima strategi untuk tetap merasa aman dan kaya dalam hidup versi Sullivan:

  1. Fokus dengan apa yang bisa Anda kontrol, bukan yang Anda harapkan lakukan di masa lalu.
    Jangan menyesal jika tidak membeli, misalnya saham Apple 15 tahun lalu. Kontrol uang Anda setiap bulan. Kalau Anda melakukan investasi di pasar modal, jangan pertaruhkan uang di satu saham. Lakukan diversifikasi dan lupakan sejenak pembelian itu sampai ada pertumbuhan dalam beberapa tahun ke depan.
  2. Belilah asuransi
    Kematian seorang tulang punggung keluarga bisa jadi bencana untuk anggota keluarganya. Belum lagi jika ada yag sakit keras. Jadi, belilah asuransi yang Anda butuhkan. Biayanya bisa jadi murah kalau Anda membelinya sedari dini.
  1. Jangan khawatirkan soal pajak
    “Jangan membuang waktu menghitung pajak,” kata Sullivan. Ia merekomendasikan setiap orang menyewa akuntan untuk mengerjakan perhitungan itu.
  1. Cari penasihat keuangan berbasis honor
    “Nasihat yang buruk lebih parah daripada tanpa nasihat sama sekali,” ujarnya. Cari penasihat keuangan yang bekerja untuk kepentingan Anda. Penasihat keuangan yang berbasis honor bekerja lebih baik ketimbang yang bekerja berdasarkan produk yang ia jual kepada klien.
  1. Ambil keuntungan dana pensiun
    Jangan takut jika gaji Anda dipotong lebih besar untuk dana pensiun. Di masa mendatang Anda pasti akan mendapatkan manfaat dan nilai yang lebih besar.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

informasi seputar pertambangan dibulan juni 2017

Kredit Pertambangan Dapat Angin Segar

Beberapa bankir sudah melihat titik terang pertumbuhan kredit disektor pertambangan pada tahun ini akan membaik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *