Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan » BCA : Penyaluran Kredit Kuartal III Cukup Sulit

BCA : Penyaluran Kredit Kuartal III Cukup Sulit

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan bahwa penyaluran kredit selama kuartal III tahun 2017 dinilai sangat sulit. Perseroan tersebut masih berharap bahwa momen akhir tahun ini dapat meningkatkan penghasilan bisnis nasabahnya sehingga permintaan kredit akan naik.

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA mengatakan bahwa penyaluran kredit BCA sampai pada kuartal III ini sejak awal tahun hanya mencapai 8% saja. Jika dibandingkan tahun lalu total kredit memang  sudah mencapai pertumbuhan 14%, namun pertumbuhan tersebut dinilai kurang signifikan, apalagi pada kuartal III tahun lalu, penyaluran kredit BCA cukup tinggi.

Baca Juga :  Himbara Yakin Pengguna Kartu Debit Meningkat Berkat Implementasi GPN

Jahja menambahkan bahwa kuartal III memang sulit, debitur malah mengembalikan pinjamanya pasca lebaran, karena mereka ternyata belum membutuhkan pinjaman untuk pemenuhan stok. Karena itu kesempatan terakhir adalah akhir tahun, biasanya intensitas perdagangan yang dilakukan nasabah akan naik.

Dia menambahkan bahwa sampai saat ini posisi CASA atau biasa disebut dengan Dana Murah, berada di titik aman yaitu 74%. Namun, pihak BCA tidak terlalu terburu-buru dalam mengejar DPK sehingga harus menurunkan suku bunga deposito. Nasabah yang masuk pada BCA pada kuartal III ini lebih didominasi oleh pelaku Fintech (Financial Technology), seiring meningkatnya bisnis online di tanah air.

Baca Juga :  Bank BJB Sangat Optimis Kondisi Perbankan Tahun 2018 Jauh Lebih Baik

Jahja menambahkan “Pihak kami masih menjaga porsi CASA pada kisaran 75% sampai 80%, namun porsi untuk deposito tidak berkurang, dimana perusahaan Fintect masuk dan menyimpan dana pada kami. Meskipun secara total masih dinilai kecil, namun kontribusi bisnis online kedepannya akan meningkat”.

BCA pada akhir tahun ini akan terus memberikan fasilitas kredit murah kepada para nasabahnya, apalagi biasanya pelaku retail pada akhir tahun akan membutuhkan stok yang berlebih untuk menyambut tahun baru.

About Wida Yodik

Wida Yodik

Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

MNC Finance Gelar Nota Kesepahaman MoU Soal Jaminan Fidusia

MNC Finance  kemarin (11/12), telah mengadakan pertemuan dengan Polda Riau untuk membahas MoU (Nota Kesepahaman) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *