Home » Ekonomi & Bisnis » Perbankan » Bank Mandiri Sudah Dapat Restu OJK Untuk Buka Cabang di Malaysia
bank mandiri akan membuka cabang di malaysia

Bank Mandiri Sudah Dapat Restu OJK Untuk Buka Cabang di Malaysia

Untuk meningkatkan kinerja perbankan, banyak bank dalam negeri yang melakukan ekspansi ke luar negeri terutama untuk negara dikawasan Asia Tenggara. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sudah mendapatkan restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi Qualified Asean Bank (QAB) dalam membuka cabang penuh di Malaysia.

Kepala Departemen Komunikasi dan Internasional OJK, Triyono mengatakan, dipilihnya Bank Mandiri agar bisa membuka cabang penuh di Malaysia karena sudah hasil kesepakatan bilateral dengan Bank Negara Malaysia tentang Asean Banking Integration Framework (ABIF) yang sudah ditandatangani pada Agustus 2016 lalu.”jelasnya”

Ia juga menambahkan, agar bisa update dengan Bank Negara Malaysia, Pihaknya kini sudah mengajukan QAB, dimana dari Indonesia OJK sudah memberikan surat kepada Bank Mandiri agar bisa beroprasi penuh di Malaysia.”pungkasnya”

Namun dengan sudah mendapatkan restu dari OJK, bukan berarti Bank Mandiri sudah langsung bisa membuka cabang di Malaysia. Bank Mandiri harus melewati proses audit oleh Bank Negara Malaysia mengenai manajemen, kekuatan modal dan juga indikator lainnya yang sudah menjadi standar internasional.

Sebetulnya, sudah ada beberapa bank dari Indonesia yang memiliki cabang di Malaysia, namun operasionalnya masih terbatas untuk pelayanan remitansi. Dan Bank Mandiri lolos menjadi QAB, sehingga nanti bisa beroperasi penuh di Malaysia.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Gaet Generasi Milenial, BTN Siapkan Produk Baru

Tidak bisa dipungkiri lagi, generasi milenial kini memiliki peranan untuk kemajuan ekonomi nasional. Hal tersebut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *