Home » Sekuritas » Bank BUMN Lakukan Langkah Strategis Hindari Double Swipe

Bank BUMN Lakukan Langkah Strategis Hindari Double Swipe

Perbankan sudah berusaha dengan beragam langkah untuk menangani yang dirasakan double swipe atau disebut gesek ganda pada kartu debet waktu berbelanja di ritel moderen. Terutama, Bank BUMN mempunyai nasabah kartu debet yang penting di Indonesia.

GM Retail Payment BRI Dicky Rozano menyebutkan, pihaknya sudah ikuti imbauan BI. Langkah yang sudah dikerjakan yaitu edukasi serta sosialisasi segera pada beberapa merchant pemakai EDC BRI.

“Edukasi dikerjakan saat dikerjakan kursus pemakaian EDC untuk pemasangan awal EDC merchant, dan saat perawatan berkala untuk merchant yang dikerjakan teratur setiap bulannya, ” katanya di Jakarta, hari Minggu 10/9/2017.

Baca Juga :  HP Sekuritas Beri Fitur Sedekah dan Zakat Saham

Info diberi juga pada merchant setiap harinya, yang tercantum didalam laporan pembayaran pada merchant. Hingga sehari-hari merchant buka laporan pembayaran pada BRI, juga sekalian bisa membaca info larangan praktik double swipe itu.

Argumen umum merchant lakukan gesek di kontan daftar merchant, yakni untuk kepentingan rekonsiliasi. Karenanya BRI memberi laporan rekonsiliasi harian yang telah terangkum oleh system yang diberi nama Email Blast Online Reporting .

“Sehingga merchant bisa lihat laporan dengan detil. BRI juga sudah bekerja bersama dengan sebagian merchant dengan kontan daftar sudah tersambung segera dengan EDC, hingga untuk rekonsiliasi bisa dikerjakan lewat cara yang lebih aman, seperti dengan gabungan nomor kartu yang telah di masking dengan sebagian kode unik yang lain dalam setiap transaksi, ” tegasnya.

Baca Juga :  Kemudahan Investasi Pada Mandiri Sekuritas

Disamping itu, Senior Executive Vice President Information Technology BNI Dadang Setiabudi menyebutkan BNI sudah mempersiapkan aplikasi yang menghubungkan dari mesin electronic data capture serta mesin kasir. “Hal ini untuk kurangi potensi penyalinan data nasabah lewat gesek kartu di mesin kasir, ” tutur Dadang kemarin.

Pihak BNI juga mengimbau serta memfasilitasi merchant untuk mengimplementasikan Integrated cash register, di mana mesin kasir serta EDC telah tersambungsi. Hingga saat pemegang kartu juga akan cek out lalu mesin kasir juga akan kirim nominal berbelanja ke EDC serta tinggal deep  saja. Tidaklah perlu swipe sekali lagi di mesin kasir. “Implementasi system ICR ini telah dikerjakan di dua merchat yang sama dengan Superindo serta Lottemart, ” katanya.

About Wida Yodik

Wida Yodik

Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

MNC Sekuritas Incar WNI di Malaysia

Saat ini pemerintah semakin gencar mengkampanyekan menabung saham, hal tersebut agar bisa meningkatkan investor pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *