Home » Ekonomi & Bisnis » Bank BUMN Beberkan Modus Fraud Perbankan

Bank BUMN Beberkan Modus Fraud Perbankan

Perbankan tubuh usaha punya negara (BUMN) menyimak beberapa modus yang kerap didapati terkait masalah. kejahatan dengan kata lain fraud. Bila ditarik garis besar masalah kejahatan ini khususnya datang dari dua sumber yakni penyaluran credit serta dari implementasi digital banking.

Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Paling utama PT Bank Mandiri Tbk mengaku, fraudterbesar berlangsung ketika sistem pemberian credit.

“Biasanya dikerjakan dengan melakukan pemalsuan neraca keuangan, dokumen serta data penjualan, ” tutur Tiko saat memberi gambaran di RDP, Komisi XI DPR, Kamis 30/3/2017.

Dari fraud credit ini, modus yang kerap digunakan yaitu mempailitkan sendiri. Mandiri mencatat ada sejumlah 17 kasus kepailitan tengah diakukan. Terkecuali pemailitan diri, umumnya juga memakai pemalsuan dokumen baik bank guarantee ataupun bilyet deposito

Suprajarto, Direktur utama BRI menyampaikan, selain dari credit, ada juga fraud dari digital banking. Untuk kejahatan dari digital banking, ragamnya cukup variasi. “Biasanya yang modus yang kerap dipakai yaitu lakukan skimming dengan melipat-gandakan pita magnetik serta phisiing dengan mengkloning serta memodifikasi web seolah seperti asli, ” tutur Suprajarto

Diluar itu, ada pula modus swim swap, yakni dengan pergantian kartu sim. Terkait ini umumnya pelaku bekerja sama juga dengan agen atau outlet seluler untuk bisa mendapakan akses pada kartu SIM korban. Tiko mengakui modus paling baru fraud digital banking ini yaitu indikasi ada alat buatan Russia yang dapat mengintervensi gelombang mesin ATM hingga dapat keluarkan uang.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor sekuritas.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Check Also

Sekuritas Dengan Minimal Deposit Rendah

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak dibidang pialang atau perantara dalam perdagangan efek, baik itu ...