Home » Saham » Investasi » Apa Yang Dimaksud Pialang Saham?

Apa Yang Dimaksud Pialang Saham?

Pialang saham atau sering juga disebut stock broker merupakan sebuah firma atau orang yang mempunyai lisensi untuk melakukan jual beli saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor. Pialang ini biasanya bekerja pada perusahaan yang menjalankan usaha jual beli efek atau saham dan bekerja sesuai dengan etika bursa. Perusahaan yang menjalankan jual beli efek atau saham ini disebut perusahaan pialang atau brokerage firm yang tergabung sebagai anggota dalam bursa efek. Efek atau saham yang diperjual belikan oleh pialang sendiri berasal dari investor berbagai macam badan usaha baik perusahaan, CV, perseroan, atau badan usaha lain yang ingin sahamnya dijual belikan. Investor adalah sebutan bagi badan usaha penerbit sekaligus pemilik saham atau efek yang ada dan diperjual belikan di bursa efek.

Tugas Pialang Saham

Tugas utama pialang saham yakni melakukan transaksi jual beli saham antara klien dengan pembeli saham. Pialang tidak bertugas membeli atau menjual secara langsung saham investor tapi hanya melaksanakan transaksi jual beli saham dengan harga sebaik mungkin . Tugas pialang lainnya adalah memberikan rekomendasi kepada investor yang menjadi kliennya untuk membeli maupun menjual saham. Rekomendasi tersebut berdasarkan berbagai analisa baik aktivitas pasar, reputasi perusahaan pemilik saham, analisa ekonomi, analisa pasar, berbagai rekomendasi daftar investasi, dan informasi penting lainnya terkait saham di pasar atau bursa efek.

Macam Pialang Saham

Pialang saham atau broker yang bekerja sebagai pelaksana transaksi jual beli saham atau efek yang dikeluarkan maupun diterbitkan oleh perusahaan investor sebagai emiten dapat dibagi menjadi tiga macam. Tiga macam pialang tersebut yaitu full service brokers, discount brokers, dan deep discount brokers. Full service broker adalah pialang yang memberikan jasa berupa saran untuk investasi maupun strategi yang tepat serta cocok bagi perusahaan investor. Discount brokers yakni pialang yang memberikan dua layanan jasa meliputi saran investasi dan strategi investasi serta pemeliharaan rekening. Selain itu, discount brokers biasanya juga memberikan jasa untuk menentukan keputusan membeli maupun menjual saham. Sedangkan deep discount brokers merupakan pialang yang hanya memberikan pelayanan untuk pemeliharaan rekening dan pemberi keputusan menjual atau membeli saham tertentu.

Cara Menjadi Pialang Saham

Pialang saham sekarang ini jumlahnya sudah sangat banyak baik yang berbentuk badan usaha maupun yang hanya dikelola perseorangan. Menjadi pialang sendiri bisa dilakukan dengan cara bekerjasama dengan perusahaan pialang atau broker saham. Cara bekerjasama dengan perusahaan pialang sangatlah mudah hanya dengan mendaftar di website resmi perusahaan pialang atau perusahaan sekuritas. Langkah selanjutnya yakni mengisi saldo pada perusahaan saham yang bersangkutan. Untuk saldo yang harus diisi biasanya tergantung pada perusahaan pialang sebab setiap perusahaan memiliki ketentuan sendiri berapa minimal saldo yang harus diisikan. Bila sudah selesai mengisikan saldo pada perusahaan pialang, hal berikutnya yang perlu dilakukan yakni memilih pelayanan fasilitas dan komisi setiap melakukan transaksi jual beli saham. Cara transaksi jual beli saham merupakan hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya. Transaksi biasanya dapat dilakukan di kantor perusahaan pialang, melalu dan menggunakan telepon, atau internet. Jika ingin transaksi jual beli dilakukan melalui internet maka harus mencari dan memilih perusahaan pialang yang sudah memiliki layanan atau sistem online trading. Langkah terakhir untuk menjadi pialang yang perlu dilakukan adalah mencermati dan mengikuti panduan untuk melakukan jual beli saham sesuai ketentuan perusahaan pialang saham.

Pencarian terkait lainnya:

  • pialang
  • pialang adalah
  • binomo penipuan
  • binomo penipu
  • broker saham adalah
  • pialang saham adalah
  • pengertian pialang saham
  • tugas pialang saham
  • apa itu pialang saham
  • arti pialang saham

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Pengelola Dana China Semakin Gencar Investasi Berbasis Teknologi

Mungkin sebagian dari kita sudah mendengar nama Yu’E Bao. Ya, ini merupakan produk reksadana pasar ...

2 comments

  1. spertinya menarik nih untuk jadi pilihan karir..

  2. Saham merupakan salah satu investasi unggulan di zaman internet semakin mudah sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *