Home » Saham » Anak Usaha BUMN Sedang Proses IPO

Anak Usaha BUMN Sedang Proses IPO

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan ada beberapa anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sedang dalam tahap proses penawaran umum perdana saham atau biasa dikenal dengan initial public offering (IPO). BEI menyebutkan ada beberpa perusahaan yang sudah mengajukan untuk bisa menjual sahamnya ke publik ditahun ini. Dan beberapa diantara sudah ada yang siap melantai dibursa pada semester kedua tahun ini.

Berdasarkan keterangan dari Direktur Utama BEI Tito Sulistio, beberapa anak usaha BUMN sudah melakukan proses di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ia mengharapkan, proses nya bisa cepat selsai, sehingga sahamnya bisa dengan segera untuk dimasukan dalam lantai perdagangan BEI.  “ucapnya”

Ia juga menambahkan bahwa, proses IPO anak usaha BUMN sangat mudah jika dibanding Induknya, sebab untuk bisa IPO, Perusahaan BUMN harus melalui 25 tahap. Dan anak usaha BUMN cenderung lebih cepat prosesnya. Sehingga diharapkan anak usaha BUMN ini segera menyelesaikan prosesnya dan bisa langsung mencatatkan namnya dibursa perdagangan. “tegasnya”

Ditahun 2017 ini, bukan hanya anak usaha BUMN yang siap IPO, namun ada beberapa perusahaan swasta juga yang siap melantai dibursa. Salah satunya adalah PT Alfa Energi Investama. Perusahaan ini bergerak disektor tambang dan sudah mendapatkan restu dari OJK untuk melepaskan penawaran saham perdana ke publik.

Perusahaan batubara tersebut akan melepaskan 23% saham ke publik melalui IPO. Target yang dicapai adalah Sekitar Rp 125 miliar hingga Rp 160 miliar. Dana IPO itu rencananya akan digunakan untuk modal kerja, pelunasan utang, serta aksi korporasi lainnya menambah kapasitas pelabuhan

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

Proyeksi Reliance Securities : IHSG akan mengalami penurunan pada akhir pekan

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) Sesi II kemarin, Kamis 02 November 2017, ditutup dengan penurunan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *