Home » Sekuritas » Deposito » Akhir Tahun Bunga Deposito Bisa Naik

Akhir Tahun Bunga Deposito Bisa Naik

Disisa akhir tahun 2017 ini, sejumlah bank diprediksikan akan sedikit menaikan Akhir Tahun Bunga Deposito Bisa Naik Hal tersebut dilakukan untuk menarik dana masyarakat agar bisa menggenjot penyaluran kredit. Tren kenaikan bunga deposito pada akhir tahun adalah hal yang biasa terjadi setiap tahunnya, sebab bank ini kinerjanya lebih bagus dikuartal akhir.

Tren kenaikan bunga deposito pada akhir tahun ini juga di ikuti oleh bank besar. Namun yang perlu dicermati adalah kenaikan bunga deposito ini bersifat jangka pendek. Walaupun pada kenaikan bunga ini akan semakin menekan margin bunga bersih (NIM) perbankan.

Namun untuk merebut dana publik, persaingan yang terjadi tidak hanya antar bank saja, namun juga dengan surat utang (obligasi) korporasi. Ketika kupon surat utang negara (SBN) dan bunga deposito berada dalam tren rendah, obligasi korporasi nantinya akan memberikan kupon lebih tinggi sehingga ini yang menjadi daya tarik.

Mengacu pada data INDOBeX Corporate Total Return, imbal hasil obligasi korporasi mencapai 11.30% terhitung sejak awal tahun 2017 hingga 20 Oktober. Tentu hal tersebut membuat perbankan harus atur strategi agar bisa menarik dana pihak ketiga.

Namun hal yang biasa terjadi pada akhir tahun adalah perbankan akan ramai-ramai menaikan bunga deposito. Walaupun banyak risiko dan pertimbangan, namun menaikan bunga deposito bisa menjadi pilihan perbankan.

 

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

5 Bank Penyedia Deposito Dengan Bunga Terbaik 2017

Investasi menjadi cara untuk bisa mempertahankan atau menambah aset dana. Bahkan investasi juga bisa dijadikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *