Menurut pihak Bursa Efek Indonesia , saat ini sudah ada 10 perusahaan sekuritas efek anggota bursa yang berminat untuk menjadi broker KBIE LQ45. Produk KBIE LQ45 ini menurutnya akan dilakukan re-launching pada awal bulan Februaru 2016 mendatang dikarenakan adanya optimisme dari pihak anggota bursa untuk ikut serta dalam perdagangan produk KBIE LQ45 tersebut. Namun beberapa pihak memang masih menunggu dan melihat kejelasan dari rencana ini dikarenakan pernah sekali rencana ini dilakukan namun hasilnya tidak berjalan mulus. KBIE LQ45 ini sendiri merupakan perdagangan yang menarik dikarenakan para investor dapat berdagang pada perdagangan short di posisi indeks dimana sekarang investor tidak bisa melakukan posisi short pada equity spot.

Keuntungan KBIE LQ45

Dengan mengikuti KBIE LQ45, investor dapat melakukan (hedging) perlindungan nilai terhadap berbagai macam posisi portofolio investor. Dalam tren turun seperti saat ini, investor dapat terlindungi dari kehilangan nilai portofolio pada pasar equity spot jika melakukan short di KBIE LQ45. Lalu keuntungan lainnya adalah investor bisa menggunakan jumlah secukupnya saja pada posisi short, dalam hal ini investor dapat menyetorkan dana cukup 4% saja dari keseluruhan underlying. Memang kecil tapi jika ditakar keuntungannya maka bisa mendapatkan lebih besar karena hanya perlu menyetorkan dana sebanyak 4% saja.

About Abdul Hilmawan

Abdul Hilmawan
Abdul Hilmawan merupakan penulis yang berpengalaman di bidang investasi dan saham, khususnya saham perbankan yang terkait dengan produk - produk sekuritas, danareksa dan produk lainnya

Check Also

BI Kembali Buka Transaksi Swap Lindung Nilai Mata Uang Offshore

Sebelumnya pada tanggal 12 Juli 2017 lalu, PT Bank Indonesia (Persero) Tbk (BI) telah membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *